Sabtu, 09/11/2019, 18:49:03
Bimbingan Konseling Solusi Siswa Bermasalah
Oleh: Anisa Fitirana

Seseorang tidak mungkin terlepas dengan sebuah masalah. Masalah merupakan sesuatu yang terletak pada diri seseorang akibat dari seseorang tersebut, masalah itu dibuat karena diri sendiri yang membuatnya.

Sebuah masalah tidak akan usai jika hanya dipikirkan tanpa ditindak lanjuti bahkan hanya direnungi saja, selain itu juga permasalahn kerapmkali bukan hanya ada pada masing-masing pribadi namun sebuah lembaga juga terdapat sebuah masalah, dengan seperti itu pasti ada sebuah penyelesaian masalah.

Untuk membahasa masalah, terlebih dahulu prlu mengetahui pengertian atau definisi dari masalah itu karena pengertian akan menetukan arah pembahasan sari masalah tersebut. Tidak jarang, pembahasan akan menjadi tidak jelas ujung pangkalnya karena batasan pengertian yang menjadi bahan pembicaraan juga tidak jelas. Pembahasan atas suatu masalah tidak dapat dilepaskan dari sudut tinjauan orang yang mengupasnya.

Dalam hal ini tentunya terdapat seseorang yang mampu membrikan solusi lewat arahannya. Bimbingan dan konseling dua pengertian yang berbeda namun sering dipadukan, karena keduanya memiliki kesatuan arti yang akan membrikan penejelasan. Jones (1963) memandang konseling sebagai salah satu teknik dari bimbingan. Dengan demikian, bimbingan memiliki pengertian yang lebih luas dibandingkan dengan pengertian konseling.

Konseling merupakan bagian dari bimbingan. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa sebuah permasalahan mampu terselesaiakn, melalui pendekatan-pendekatan yang ada dalam bimbingan dan konseling.

Pendekatan konseling (counseling approach) disebut juga teori konseling, merupakan dasar bagi suatu praktek konseling. Pendekatan itu dirasakan penting karena jika dapat dipahami berbagai pendekatan atau teori-teori konseling, akan memudahkan dan menentukan arah proses konseling.

Akan tetapi, untuk kondisi indonesia, memilihsatu pendekatan secara fanatik atau kaku adalah kurang bijaksana. Hal ini disebabkan suatu pendekatan konselingyang biasanya dilatarbelakangi oleh paham filsafat Indonesia.

Bimbingan konseling yang diterapkan di indonesia merupakan sebuah bimbingan yang sering menggunakan pendekatan langsung kepada siswa, sebab kondisi di indonesia sangatlah berbeda.

Orang tua yang menjadi usahawan atau pekerja, hanya bisa menitipkan anaknya ke sekolah. Sehingga dari pihak keluarga hanya mengetahui keberadaan anaknya di sekolah. Pengawasan orang tua seperti diatas pasti kurang meski dalam rumah, karena urusan pekerjaan lebih menggairahkan.

(Annisa Fitriana adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)


Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita