Kamis, 07/11/2019, 12:11:14
Puskesmas Bumiayu Gelar Pembinaan Dokter Kecil
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Peserta pembinaan dokter kecil sedang mengikuti pembelajaran tentang kebersihan yang disampaikan dokter di Puskemas Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 350 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, mengikuti kegiatan pembinaan dokter kecil di gedung Kawedanan Bumiayu, Kamis 07 November 2019.

Kegiatan yang digelar oleh Puskesmas Bumiayu ini bertujuan meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS dan siswa mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, keluarga dan orang lain untuk hidup sehat.

Kepala Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto dalam sambutan pembukaan mengatakan, peserta pembinaan dokter kecil akan mengikuti kegiatan selama delapan jam yang diisi dengan beberapa materi. Materi disampaikan oleh petugas kesehatan di Puskesmas Bumiayu dengan dipandu oleh Nikmah Yuliyanti SKM, petugas Promkes Puskesmas Bumiayu.

"Ada beberapa materi untuk para peserta pembinaan dokter kecil yang disampaikan oleh petugas dari Puskesmas Bumiayu," katanya.

Materi pokok yang perlu diketahui oleh peserta meliputi pemahaman kesehatan diri sendiri dan lingkungn, pertolongan pertama pada kecelakaan ringan, cara perawatan kebersihan gigi dan mulut.

"Di sela-sela penyampaian materi akan diberikan selingan agar peserta tidak jenuh dan tetap konsen mengikuti kegiatan sampai selesai," kata Ali.

Penyampaian materi meliputi teori dan praktek lapangan. Peserta juga nampak serius dan penuh konsentrasi saat mengikuti paparan dari tim medis dan paramedis yang diketuai oleh dr Vivi Yustina.

Diharapkan melalui kegiatan pembinaan dokter kecil yang telah dilakukan Puskesmas Bumiayu itu, siswa mampu bersikap dan berperilaku sehat, mampu mengajak serta mendorong teman lainnya untuk bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing dan berperan aktif dalam kampanye kesehatan yang diselenggarakan di sekolah.

"Harapannya nanti tidak hanya dipahami oleh peserta tapi peserta juga dapat mengajak temannya untuk berperilaku hidup sehat," pubgas Ali.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita