Rabu, 06/11/2019, 16:28:07
12 Kecamatan di Brebes Rawan Bencana
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Apel Mantap Brata dan apel SAR di Mapolres Brebes (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 12 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berpotensi rawan bencana saat musim penghujan tiba. Untuk itu masyarakat diimbau untuk selalu mewaspada. Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Harian BPBD Brebes, Sutaryono,usai apel Mantap Brata dan apel SAR di Mapolres Brebes, Rabu 06 Oktober 2019.

Menurutnya, 12 kecamatan di wilayahnya yang rawan bencana, yakni bencana longsor dan banjir.
Dari 12 kecamatan itu, 6 kecamatan di antaranya di wilayah Brebes bagian selatan rawan longsor, yaitu Kecamatan Salem, Paguyangan, Bantarkawung, Bumiayu, Sirampok dan Tonjong.

Sedangkan wilayah tengah dan utara, rawan bencana banjir serta angin langkisau. Di antaranya Kecamatan Brebes, Wanasari, Tanjung, Losari, Bulakamba, dan Jatibarang.

"Sebenarnya dari 17 kecamatan di Brebes, hampir semuanya rawan bencana. Hanya berbeda potensinya. Untuk itu harus siap menghadapinya bila terjadi bencana," terangnya.

Untuk mengantisipasinya, lanjut dia, BPBD Kabupaten Brebes juga sudah menyiapkan logistik dan berbagai peralatan pendukung. Namun BPBD belum memiliki peralatan dapur umum, alat pengolah air bersih dan tenda pengungsi.

Wakapolres Brebes, Kompol Faisal Perdana, mengatakan penanganan bencana tidak bisa dilakukan sendiri. Dengan letak kondisi yang rawan bencana alam, perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia dalam penanganan bencana, termasuk para relawan.

"Pelatihan Penilaian Kerusakan dan Kerugian Bencana Alam menjadi salah satu cara untuk meningkatkan SDM tersebut. Kami siap membantu dengan peralatan yang ada," pungkasnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita