Sabtu, 02/11/2019, 22:00:30
Tegal Diprediksi akan Alami Peningkatan Curah Hujan
LAPORAN NINO MOEBI

Prakirawan BMKG Kota Tegal, Hendry Andriyanto saat memberikan keterangan di kantornya (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Tiga (3) hari ke depan, BMKG Kota Tegal, Jawa Tengah, memprediksi daerah Tegal dan sekitarnya akan mengalami peningkatan curah hujan. Peningkatan curah hujan bervariasi intensitasnya dari ringan hingga lebat.

Keterangan tersebut disampaikan oleh forcaster (Prakirawan) BMKG Kota Tegal, Hendry Andriyanto S.Kom di Stasiun Meteorologi Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal, Sabtu 2 November 2019.

Hendy menjelaskan, sesuai dengan informasi dari BMKG Pusat, bahwa terdapat intrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) yang melintasi wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

Di depan muka intrusi, kondisi massa udara akan menjadi lebih lembab dan mendukung potensi konveksi (pergerakan molekul-molekul pada cairan atau gas) kuat.

"Warga Tegal dan sekitarnya tetap waspada dan bersiap diri akan datangnya awal musim penghujan di pertengahan November ini,” harap Hendy.

BMKG Pusat mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat hingga angin kencang terjadi dalam rentang waktu 3 hari hingga 3 November. Hujan diprediksi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita