Senin, 28/10/2019, 23:24:13
Polres dan BEM Tanam Mangrove di Pantai Batamsari
LAPORAN JOHARI

Kapolres memberikan bibit mangrove kepada mahasiswa

PanturaNews (Tegal) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Polres Tegal Kota bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Kota Tegal, melakukan kegiatan positif yakni pemberian sembako dan penanaman 500 pohon mangrove di Pantai Batamsari di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Senin 28 Oktiber 2019.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSI mengatakan, sebelumnya pihak Polres melalui program SEDETAKz (sedekah dan takziah) akan membagikan sembako. Ternyata program SEDETAKz itu banyak diminati oleh mahasiswa dan secara kebetulan ada pihak yang menyediakan bibit pohon mangrove namun tidak ada personil untuk menanam. Akhirnya, pembagian sembako dilanjutkan dengan penanaman pohon mangrove oleh sekitar 100 mahasiswa yang tergabung dalam BEM se Kota Tegal, dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sebelum dilakukan penanam pohon mangrove dan pembagian sembako, terlebih dahulu dibacakan Ikrar Sumpah Pemuda, yang dipimpin oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi.

“Ini kegiatan positif dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, pihak Polres bersama BEM se Kota Tegal, melakukan bakti sosial membagikan sembako dan menanam 500 bibit pohon mangrove,” kata Kapolres di Pantai Batamsari.

Lebih lanjut kata Kapolres, pohon mangrove sengaja ditanam di bibir pantai karena untuk menahan abrasi dan menjaga ekosistim pantai. Menurutnya, akar pohon mangrove sangat kuat untuk menahan terjangan ombak, sehingga bisa menahan abrasi dan menjaga ekosisrim pantai.

“Hanya pohon mangrove yang mampu menahan abrasi, karena akar mangrove sangat kuat dalam terjangan ombak,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pemeliharaan, diserahkan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat, karena mereka yang tahu teknis dan tahu perkembangan kesehariannya.

“Untuk teknis perawatan mangrove kami serahkan kepada pokdarwis karena mereka lebih tahu,” pungkasnya.  

  

 


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita