Selasa, 08/10/2019, 11:18:23
Cegah Karhutla, Perhutani Gandeng Polres Brebes
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono dan Adm Perhutani KPH Pekalongan Barat Anton Fajar tandatangani naskah kerja sama (Foto: Dok.  Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - PT Perhutani KPH Pekalongan menggandeng Polres Brebes, Jawa Tengah, bekerja sama untuk mencegah dan penegakan hukum masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Senin 07 Oktober 2019.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Agro Wisata Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Penandatanganan dilakukan oleh Administratur PT Perhutani KPH Pekalongan Barat, Anton Fajar dan Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono.

Perjanjian kerja sama tersebut sangat penting, mengingat Perhutani dalam melakukan tugas menjaga kelestarian hutan kekurangan personil. Selain itu, perlu dilakukan penindakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan termasuk juga pembalakan liar.

"Personil kita terbatas, juga kewenangan dalam penindakan ada pada penegak hukum atau Polisi sehingga perjanjian atau MoU ini sangat penting," kata Anton dalam sambutannya.

Dikatakan, perjanjian tersebut untuk menanggulangi adanya penanaman liar di lahan Perhutani yang dilakukan oleh masyarakat. Sekaligus untuk mengajak masyarakat agar ikut serta menjaga kelesatarian hutan dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan ijin penanaman di hutan.

"Kita akan melakukan penindakan hukum untuk membuat efek jera terhadap para pembalak liar atau pembakar hutan," ungkap Anton.

Selanjutnya Anton berharap Polres Brebes yang telah melaksanakan penandatangan MoU, dapat menjalankannya di lapangan dan dapat berkelanjutan.

"Semoga ini tidak berhenti di tanda tangan saja, tapi dilaksanakan di lapangan," kata Anton berharap.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita