Senin, 30/09/2019, 22:08:28
Kusnendro Resmi Menjabat Ketua DPRD Kota Tegal
LAPORAN JOHARI

Pengambilan sumpah pimpinan DPRD Kota Tegal

PanturaNews (Tegal) – Kusnendro ST dari PDI Perjuangan diambil sumpahnya sebagai Ketua DPRD Kota Tegal, masa jabatan 2019-2014. Sedangkan KH Habib Ali Zaenal Abidin dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Wasmad Edi Susilo (Golkar) masing-masing menjadi Wakil Ketua DPRD Kota Tegal.

Dalam rapat Paripurna DPRD Kota Tegal dengan agenda pengambilan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kota Tegal, di gedung DPRD Kota Tegal, Senin 30 September 2019.  Dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negri (PN) Tegal, Joni Witanto SH MHum.

Penetapan ketua dan wakil ketua DPRD Kota Tegal berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah, Nomor 170/89 Tahun 219 Tanggal 19 September 2019 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kota Tegal masa jabatan 2019-2024.

Sesuai Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 165 ayat (5) bahwa pimpinan DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri.

Ketua terpilih Kusnendro pada sambutan perdananya menyampaikan, ketentuan perundang-undangan bahwa fungsi DPRD secara menyeluruh bukanlah sekedar mitra kerja pemerintah saja yang menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, melainkan sebagai penyelenggara pemerintah daerah, sehingga mewujudkan keterlibatan rakyat dalam pembangunan daerah secara konstitusional disalurkan melalui wakil-wakilnya di DPRD.

Dan DPRD akan turut serta dalam merumuskan berbagai kebijakan pemerintah daerah dan pembangunan daerah serta sangat tergantung juga pada kemauan dan kemampuan kita untuk saling memahami fungsi dan peran DPRD dalam melaksanakan hakekat otonomi daerah yang dapat melancarkan jalannya pembangunan daerah sebagai sarana untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dengan sebaik baiknya.

           


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita