Sabtu, 28/09/2019, 20:41:33
Lestarikan Budaya, Warga Pandansari Gelar Ratiban
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ribuan warga ikuti acara Ratiban di kawasan Telaga Ranjeng Desa Pandansari (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Warga Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengarak puluhan tumpeng dari balai desa setempat menuju kompleks obyek wisata Telaga Ranjeng, Jumat 27 September 2019. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Ratiban.

Ribuan warga mulai anak-anak hingga orang dewasa, berjalan kaki menyusuri jalan yang dikelilingi hamparan ladang dan pohon pinus sambil membawa tumpeng yang dibawa menggunakan tandu.

Kepala Desa Pandansari, Iwan Susanto mengatakan, ada 50 tumpeng lebih yang diarak. Selain itu, warga juga membawa buah-buahan dan makanan lainya untuk dimakan bersama-sama di kompleks Telaga Ranjeng.

"Sesampai di kompleks telaga, warga dihibur dengan tari ronggeng serta kesenian tradisional lainya," katanya.

Menurutnya, Ratiban digelar untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi turun-temurun. Ratiban sendiri merupakan kegiatan syukuran atas limpahan nikmat dan kemakmuran.

"Ratiban itu sebenarnya wujud syukuran kepada Allah atas nikmat yang dilimpahkan pada kita," ungkap Iwan.

Nuansa syukuran itu diwujudkan dengan lantunan bacaan kalimat tahlil dan doa-doa mohon keselamatan yang dipimpin oleh tokoh agama setempat.

"Karena tujuannya syukuran, maka diisi dengan bacaan dzikir, dan diakhiri dengan makan tumpeng bersama, sehingga tercipta keakraban dan kerukunan," terang Irwan.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes Achmad Mafrukhi tampak hadir dan berbaur bersama warga. Nampak pula menikmati nasi tumpeng bersama warga lainnya di akhir acara.

Menurutnya, selain untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal, Ratiban juga dapat menjadi daya tarik wisata. Kedepan Ratiban dapat lebih dikembangkan dengan tetap mempertahankan tradisi.

"Ini sangat menarik dan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan," katanya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita