Kamis, 12/09/2019, 15:02:18
Pengelolaan Sampah dan Wisata Jadi Inovasi Desa
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kegiatan replika inovasi desa digelar oleh TPID Kecamatan Sirampog di Balai desa Kaligiri (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pengelolaan sampah dan obyek wisata menjadi inovasi pilihan di Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, Jawa Tengah untuk inovasi desa. Halitu mengemuka saat dilakukan kegiatan Replika Inovasi se-Kecamatan Sirampog di desa Kaligiri, Kamis 12 September 2019.

Ketua Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Sirampog, Kalimi mengatakan, replika inovasi merupakan kelanjutan dari kegiatan bursa inovasi desa yang digelar sebelumnya.

"Sebelumnya sudah digelar bursa inovasi desa dan menampilkan banyak inovasi yang dapat dibangun oleh desa," katanya.

Sebelumnya pada kegiatan bursa inovasi desa, masing-masing desa telah memilih dan membuat komitmen untuk desanya. Dari sekian banyak inovasi ada dua yang banyak dipilih oleh desa yakni pengelolaan sampah dan obyek wisata.

"Pengelolaan sampah dan wisata menjadi pilihan terbanyak dari tiap-tiap desa, sehingga hari ini dilakukan replika inovasi," terang Kalimi.

Bursa inovasi dan replika inovasi desa digelar untuk mendorong desa-desa di Kecamatan Sirampog agar pemanfaat Dana Desa (DD) dapat lebih tepat guna. Terutama untuk pemberdayaan masyarakat dan tidak hanya untuk infrastruktur saja.

"Sehingga desa tidak hanya berpikir membangun tapi juga berpikir bagaimana hasil pembangunan itu dapat memberdayakan masyarakat." terang Kalimi.

Selain memberdayakan masyarakat juga dapat menjadi masukan bagi Pendapatan Asli Desa (PAD). Melalui kegiatan replika yang diikuti oleh para Kepala desa (Kades) tersebut, makin jelas untuk mewujudkan inovasi yang telah dipilih desa.

Pada kegiatan replika inovasi desa didatangkan dua nara sumber yang telah pengalaman melaksanakan pengelolaan sampah dan membangun wisata desa. Masalah pengelolaan sampah TIPD Kecamatan Sirampog menghadirkan Sukirman dari Desa Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong.

Sementara untuk inovasi obyek wisata, dihadirkan sebagai nara sumber Kades dari Kabupaten Banyumas, Dwi Rintasari yang desa telah mampu membangun obyek wisata dan banyak diminati wisatawan.

Pada kegiatan yang digelar di Balai des Kaligiri tersebut, para Kades di antaranya mendapat penjelasan tentang pengelolaan sampah plastik menjadi paving block dan sampah organik menjadi pupuk organik.

Untuk obyek wisata para Kades mendapat sharing pengetahuan dari pemateri bagaimana membangun obyek wisata di desa dan mengelolanya sehingga dapat maju dan memberikan manfaat bagi masyarakat juga menambah PAD.

 




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita