Selasa, 27/08/2019, 17:17:17
PAN dan Partai Demokrat Bentuk Fraksi Gabungan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Jajaran pengurus PAN dan Partai Demokrat Kab Brebes foto bersama usai membentuk fraksi gabungan (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Sejumlah partai politik (parpol) yang melenggang di DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai menyusun fraksi. Beberapa parpol hanya mendapatkan satu hingga tiga kursi, terpaksa harus bergabung dengan parpol lain.

Seperti Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat yang hanya mendapat tiga kursi di DPRD Kabupaten Brebes periode 2019-2024. Kedua partai tersebut sepakat bergabung untuk membentuk fraksi.

Fraksi gabungan PAN dan Partai Demokrat di DPRD Brebes itu, ditandai dengan penandatanganan Surat Keputusan bersama antara DPD PAN dan DPC Partai Demokrat Kabupaten Brebes dengan nama Fraksi PAN-DEMOKRAT.

Penandatanganan dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris partai serta anggota DPRD BRebes terpilih di Kantor Sekretariat DPD PAN Kabupaten Brebes, Selasa 27 Agustus 2019.

Saat dikonfirmasi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, kesepakatan menbentuk fraksi gabungan adalah sesuai amanat Undang-undang MD3.

Yakni disebutkan bahwa, apabila partai tidak mampu membentuk fraksi sendiri, maka harus membentuk fraksi gabungan. Dengan demikian, PAN dan Partai Demokrat yang sama-sama memperoleh 3 kursi, tidak bisa membentuk fraksi sendiri, sehingga harus bergabung.

"Minimal jumlah 4 kursi untuk bisa membentuk fraksi DPRD Brebes," jelas Heri.

Menurut Heri, secara chemistry PAN dan Partai Demokrat itu sama dengan platform Nasional-Religius, sehingga sepakat untuk membentuk fraksi gabungan.

Adapun susunan fraksi gabungan PAN-DEMOKRAT adalah Ketua Zaki Syafrudin, Wakil Ketua Tobidin, Sekeratris Heri Fitriansyah, bendahara Opy Ropiyah dan anggota Joni Waluyo serta Nizwar Alfisyahrin.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita