Kamis, 22/08/2019, 17:29:40
Warga Kaliwadas Unjuk Kreasi di Ajang Karnaval
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Salah satu kreasi siswaikut dipamerkan di kegiatan Karnaval Desa Kaliwadas (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Warga Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah, melakukan unjuk kreativitas di ajang karnaval HUT RI ke 74 yang digelar Kamis 22 Agustus 2019. Meski tiap tahun selalu digelar karnaval, pada tahun ini banyak peserta yang menampilkan beragam kreasinya.

Karnaval diikuti 50 kelompok mulai dari tingkat Paud, TK, SD, SMP hingga SMK dan juga perwakilan perdukuhan serta kelompok masyarakat lainnya. Tak ketinggalan pula para petani dan buruh tani juga ikut ambil bagian pada kegiatan yang sempat memacetkan lalu lintas di jalan provinsi ruas Bumiayu-Bantarkawung-Salem tersebut.

Panitia kegiatan Dani Fahlevi SSos mengatakan, rute karnaval menempuh jarak sekitar empat kilometer, start dari depan gedung workshop di jalan provinsi ruas Bumiayu-Bantarkawung-Salem, kemudian menuju ke timur arah Congkar dan belok ke Kaliwadas kidul, masuk Dukuh Krajan memutar ke barat kemudian kembali ke timur finish di tempat start.

"Jarak tempuh sekitar empat kilometer, start dan finish di depan gedung Workshop jalan Bumiayu-Bantarkawung," ujarnya.

Karnaval yang diikuti 50 kelompok itu dilepas oleh Kepala Desa Kaliwadas, Casman SH. Ada panggung kehormatan bagi tamu kehormatan, sementara warga nampak memadati pinggir jalan untuk dapat menyaksikan karnaval.

"Seluruh lapisan warga Kaliwadas banyak yang ikut ambil bagian, itu menunjukkan partisipasi warga sangat tinggi," kata Dani.

Menurutnya, peserta karnaval juga cukup kreatif, mulai dari berbagai jenis kesenian yang ditampilkan juga kreasi lainnya. Ada pula kelompok masyarakat yang menampilkan melakukan himbauan untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan mengajak membuang sampah pada tempatnya.

"Cukup kreatif ada yang mengajak menjaga dan mendidik generasi, ada pula yang mengajak untuk menyukseskan keluarga berencana dan pemberian ASI pada bayi secara eklusif agar menjadi generasi yang unggul," ungkap Dani.

Kepala Desa Kaliwadas Casman SH mengatakan, meriahnya karnaval HUT RI merupakan bukti tingginya rasa kebangsaan dan cintanya warga terhadap NKRI. Warga juga sangat kreatif dalam memanfaatkan momen karnaval untuk menunjukkan kecintaannya pada NKRI.

"Meski mereka sibuk dengan berbagai kegiatan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi mereka tetap memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, sehingga ikut ambil bagian dalam kegiatan karnaval," kata Casman.

Selain itu, sesuai dengan tema utama SDM Unggul, masyarakat Kaliwadas saat ini terus berpacu dalam membangun SDM. Berbagai lembaga pendidikan ada di desa yang dikenal sebagai sentra industri rebana ini, menjadi bukti kesungguhan dalam meningkatkan SDM.

"Kaliwadas andil dalam 02mbangunan SDM terbukti dengana adanya lembaga pendidikan, industri rumahan juga maju sehingga perekonomian warga juga meningkat," kata Casman.

Selain karnaval masih banyak ragam kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI, seperti turnamen sepakbola dan bulutangkis, lomba gerak jalan dan kebersihan lingkungan.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita