Rabu, 21/08/2019, 17:44:41
Peserta Pelatihan Montir dan Las Terima Bantuan Alat
LAPORAN SL. GAHARU

Peserta pelatihan montir motor menerima bantuan alat-alat untuk membuka bengkel (Foto: Dok)

PanturaNews (Tegal) - Dua kelompok peserta pelatihan tenaga kerja mandiri (TKM) bidang usaha Las dan TKM bidang Montir sepeda motor, diberikan bantuan alat wirausaha. Penyerahan bantuan alat dilakukan di halaman kantor Disnakerin Kota Tegal Jalan Hang Tuah No. 25, Rabu 21 Agustus 2019.

Sebelumnya 20 orang dari Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, dan warga Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, mengikuti pembekalan dan pelatihan program tenaga kerja mandiri (TKM) bidang usaha Las dan TKM bidang Montir sepeda motor, Selasa-Kamis 13-15 Agustus 2019 lalu.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, R. Heru Setyawan, SIP mengatakan pelatihan Tenaga Kerja Mandiri bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan sebagai peluang peningkatan pendapatan dan aksebilitas masyarakat.

“Bantuan alat agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk berwirausaha. Bantuan alat dari Pemerintah juga tidak boleh dipindahtangankan ke pihak lain di luar anggota TKM,” tegas Heru Setyawan.

Sementara Kabid Pembinaan Tenaga Kerja (PTK) Disnakerin Kota Tegal, Heri Eko Purnomo mengatakan, program pelatihan TKM ini adalah aspirasi dari Anggota DPR RI, DR. Hj. Dewi Aryani utuk Kota Tegal. Sebelumnya juga dilaksanakan pelatihan ternak lele dan tata boga. Setelah pelatihan, para peserta diberi bantuan peralatan.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, nantinya akan didampingi oleh Tenaga Kerja Sukarela (TKS) dari Kementerian Ketenagakerjaan yang akan membantu kelompok dalam menjalankan wirausaha baru, yaitu Rinaldi untuk kelompok las dan Bunga Maharani untuk kelompok montir sepeda motor,” terangnya.

Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi mengatakan, bahwa program tenaga kerja mandiri yang menjadi program unggulan, bertujuan untuk memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal.

“Para peserta yang telah kami berikan bantuan peralatan lengkap, agar dgunakan sehingga para peserta bisa mempunyai usaha secara mandiri,” ujar Dewi Aryani yang terpilih kembali menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Brebes) periode 2019-2014.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita