Senin, 19/08/2019, 19:26:29
Mufarohah Pimpin Forum PKBM Brebes 2019-2024
Laporan Tim PanturaNews

Ketua DPD Forum Komunikasi PKBM Brebes, Mufarohah menandatangani berita acara pelantikan (Foto: Dok)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes yang diwakili oleh Kepala Dindikpora Dr. Tahroni, M.Pd melantik Mufarohah, SH menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Brebes periode 2019-2024, berdasarkan suara terbanyak melalui mekanisme pemilihan sesuai AD/ART organisasi, kemarin.

Mufarohah dari PKBM Trimulya Pratama Dukuhmaja, Kecamatan Songgom, Kabupen Brebes memimpin PKMB menggantikan Marsudi yang habis masa kepengurusannya. Pelantikan Mufarohah didampingi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Komunikasi PKBM Provinsi Jawa Tengah, Mochammad Isman.

Dalam sambutanya, Kepala Dindikpora Kabupaten Brebes mengatakan bahwa keberadaan PKBM sangat penting dalam merealisasikan berbagai program pendidikan di Kabupaten Brebes.

“Brebes masih menjadi “daerah merah” dalam hal buta aksara dan angka, maka berbagai strategi dan upaya pengentasan keniraksaraan terus-menerus digalakkan. Begitu juga, dalam hal penyukseskan Gerakan Wajib Belajar 12 tahun, banyaknya angka putus sekolah (ATS) menjadi kerja berat bidang Pendidikan, dan peran PKBM akan sangat vital dalam membantu mengatasi hal tersebut,” ucap Dr. Tahroni.

Sementara Ketua Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Brebes terpilih, Mufarohah mengatakan bahwa PKBM menempatkan diri sebagai mitra pemerintah dalam hal ini dinas Pendidikan, terutama Pendidikan non formal.

“PKBM sebagai pusat pembelajaran, pemberdayaan masyarakat, dan sumber informasi Pendidikan, budaya, dan literasi akan terus-menerus memperbaiki diri dalam berkiprah,” ujar Mufarohah.

Dijelaskan Mufarohah, amanat yang diberikan kepadanya menjadi cambuk agar peran PKBM lebih dinamis dan aktual dalam menyelenggarakan program pendidikan masyarakat. PKBM bersama-sama dengan lembaga mitra yang memiliki komitmen dalam bidang pendidikan, akan terus bahu-membahu dan bersinergi dalam melaksanakan berbagai kegiatan edukasi dan literasi masyarakat.

“Program-program Pendidikan yang tengah dilaksanakan oleh PKBM akan memberikan sumbangsih bagi kualitas layanan pendidikan masyarakat di wilayah kabupaten Brebes,” tuturnya.

Menurut Mufarohah, Program Keaksaraan (Keaksaraan Fungsional dan Keaksaraan Usaha Mandiri), Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Program Paket A, B, dan C, serta program-program lain yang diselenggarakan PKBM, akan sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Brebes yang relatif  masih sangat rendah.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita