Rabu, 14/08/2019, 23:30:26
13 Remaja Terjaring Razia, 1 Positif HIV, 7 Terjangkit IMS
LAPORAN NINO MOEBI

Para remaja yang terjaring razia saat menjalani pemeriksaan dan tes HIV dan IMS (Foto: Dok/Nino)

PanturaNews (Tegal) - Sebanyak 13 remaja putra dan putri yang terjaring razia Satpol PP Kota Tegal berada di sejumlah kamar rumah kos-kosan, atas hasil pemeriksaan tim dokter satu orang dinyatakan reaktif positif HIV-AIDS, dan 7 orang menderita Infeksi Menular Sexual (IMS).

Razia yang dilakukan pada 01 Agustus 2019 lalu, diantaranya 7 remaja putri dengan usia masih belasan tahun. Menurut pengakuan, mereka berprofesi sebagai Pemandu Lagu (PL) di tempat hiburan malam karaoke yang ada di Kota Tegal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Primawati menyampaikan, hasil pemeriksaan tes HIV dan IMS dari keseluruhan sasaran yang diperiksa, menunjukan 1 orang reaktif HIV dan 7 orang terdeteksi infeksi menular sexual.

"Pemeriksaan HIV maupun IMS sangat penting untuk dilaksanakan guna memutus mata rantai penularan. Seluruh penderita sudah dirujuk ke Layanan Puskesmas guna mendapatkan pengobatan dan konseling perubahan perilaku," kata dr Prima, Rabu 14 Agustus 2019.

Sementara Kabid Pencegahan dan Penaggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tegal, Yuli Prasetiya SKM M.Kes menambahkan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, bahwa mencegah IMS dan HIV sangat penting untuk menekan prevalensi penyakit IMS maupun HIV AIDS.

HIV atau IMS dapat dicegah dengan perilaku sexual sehat hanya dengan pasangan yang sah. Bagi masyarakat yang beresiko untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau screening dan pengobatan bila terinfeksi.

"Seluruh Puskesmas di Kota Tegal telah ada layanan voluntary conselling and testing bagi yang ingin berkonsultasi maupun periksa IMS dan HIV AIDS," pungkas Yuli.

Sebelumnya Satpol PP Kota Tegal melakukan razia di tempat kos kosan. Hasilnya 13 remaja terjaring saat berada di dalam kamar kos 7 perempuan dan 6 laki-laki.  Terdata tujuh orang mereka berprofesi sebagai Pemandu Lagu (PL) di tempat hiburan karaoke Kota Tegal. Usia mereka mulai dari 17 Tahun hingga 27 Tahun.

Dalam razia tersebut Satpol PP menggadeng Dinkes dan BNN untuk melakukan pemeriksaan kepada mereka hasilnya dari 13 yang terjaring, 1 orang positif HIV, dan 7 menderita IMS.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita