Selasa, 13/08/2019, 22:00:40
Salahi Aturan, Billboard Iklan Rokok Diminta Dibongkar
LAPORAN NINO MOEBI

Billboard iklan rokok yang ada di Jalan Sultan Agung Kota Tegal diminta dibongkar (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Beberapa tahun berjalan, sarana promosi rokok yang terpampang melalui Billboard, Bando Jalan maupun Baliho yang terpasang di beberapa titik Kota Tegal, Jawa Tengah, telah dibongkar karena mengikuti regulasi.

Namun promosi rokok marak kembali. Baliho, billboard terpasang baru di beberapa titik di Kota Tegal, bahkan Billboard sudah terpasang di Jalan Protokol Kota dan ukurannya melebihi setengah lebar jalan.

Seperti Billboard rokok yang ada di Jalan Sultan Agung Kota Tegal, tepatnya hanya beberapa meter dari lintasan pintu kereta antara Jalan AR Hakim dan Jalan Sultan Agung, telah terpasang Billboard promosi rokok melintang.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD Kota Tegal, H Sisdiono Ahmad minta membongkar Billboard yang terpasang di Jalan Sultan Agung. "Itu sudah menyalahi aturan dan membahayakan," kata Sisdiono di Gedung DPRD Kota Tegal, Selasa 13 Agustur 2019.

Sebelumnya di tempat tersebut telah terpasang billboard promosi bukan dari rokok berbentuk vertical, namun sudah beberapa hari berjalan bentuk dan ukuran diubah menjadi horisontal hingga melebar melebihi setengah Jalan Sultan Agung.

Pemerintah melalui Permenkes Nomor 28 Tahun 2013 membatasi iklan, promosi, dan sponsorsip rokok. Pembatasan iklan juga dilakukan di seluruh media cetak maupun elektronik.

Sementara itu untuk iklan luar ruang (billboard) luasnya tidak boleh melebihi 72 meter persegei. Iklan juga tidak boleh ditempatkan di Kawasan Tanpa Rokok (KTR) atau jalan protokol. Papan iklan harus diletakkan sejajar bahu jalan dan tidak boleh melintang.

"Pemasangan Billboard di Jalan Sultan Agung Kota Tegal jelas menyalahi aturan Perundangan maupun Pekerjaan Umum dan tidak mengindahkan etika. Dewan minta Pemkot Tegal segera ambil tindakan untuk membongkar," tutur Sisdiono.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita