Senin, 12/08/2019, 23:16:13
Mencuri Motor, Dua Saudara Sepupu Diringkus
LAPORAN JOHARI

Dua Pelaku Curanor (kaos biru) yang masih saudara sepupu

PanturaNews  (Tegal) – Keluar dari penjara bukannya insaf dan menjadi orang yang benar, eehh malah kambuh  melalukan tindak pidana lagi. Yang semula mencuri dompet (mencopet) setelah bebas malah meningkat mencuri sepeda motor (Curanmor).

Hal itu dilakukan, Uki Aji Aryo alias Toglek (26) warga Jalan Demak, Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah  yang baru keluar dari lembaga pemasyarakatan (Lapas) Slawi, selama 4 bulan karena kasus pencurian dompet ( Copet), bersama saudara sepupunya Irfan Fauzi (24) alamat sama, Senin 05 Agustus 2019 sekiar pukual 21.30 WIB, seenaknya saja mengambil  motor yang bukan miliknya. Akibatnya si empunya Nursidik (17) warga Jalan Rogojampi, Kelurahan Sumurpangang, Kecamatan Margadana, kehilangan sepeda motor SuzukiSatria FU G 2428 DN. Berunung aksinya itu diketahui oleh pemilik warung, namun pelaku sudah jauh.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSI didampingi Kapolsek Sumurpangang Kopl Wartoyo SH mengatakan, Senin 05 Agustus 2019 sekitar pukul 21.30 WIB, Nursidik (korban) membeli es di warung Entuti di Jalan Demak, dengan kondisi kunci kontak masih menggelantung di sepeda motor.

Kedua pelaku UKI dan Irfan berboncengan motor Yamaha Vixion, melintas di Jalan Demak, melihat ada kesempatan, keduanya sepakat untuk mengambil sepeda motor korban. Lantas, Uki mendorong sepda motor korban sedangkan Irfan menunggu di sepeda motor Yamaha Vixion, sambil mengawasi. Uki mendorong sepeda motor korban  masuk ke gang ,kemudia dititipkan di penititipan sepeda motor di terminal bus dan akan diambil kapan saja.

“Jadi kedua pelaku ini melihat ada kesempatan, kemudian timbul niat jahat, sehingga terjadilah kejahatan,” kata Kapolres.

Pemlik kaget saat melihat sepeda motornya sudah raib, beruntung pemilik warung Es mba Siti melihat sepeda motor korban didorong oleh UKI. Namun UKi  sudah kabur entah kemana. Korban dibantu warga mencari dan langsung lapor ke Polsek Sumurpangang.

Hanya butuh waktu 4 jam atau sekitar pukul 02.00 WIB, Sat Reskrim Polsek Sumurpanggang berhasil meringkus kedua pelaku di rumahnya. “Setelah mendapat laporan dari korban, anggota Satreskrim Polsek Sumurpanggang langsung melakukan pengejaran dan lidik, akhirnya diketahui sepeda motor korban dititipkan di penitipan sepeda motor di terminal bus,” imbuh Kapolres.

Menurut pengakuan pelaku, dia terpaksa mencuri motor karena sedang mendapatkan pesanan dari temannya sesama residivis kenalan di Lapas. “Ada teman waktu di Lapas, pesan minta carikan motor, kebetulan melihat ada sepeda motor yang kunci kontaknya masih menempel,” kata UKI.

Atas kasus ini, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara. “Barang bukti yang diamankan dua unit sepeda motor, Suzuki Satria FU milik korban, Yamaha Vixion yang dinaiki pelaku, STNIK  dan karcis parkir penitipan sepeda motor,” tandasnaya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita