Senin, 29/07/2019, 05:53:09
Kaligua Culture Festival untuk Tarik Wisatawan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tari ronggeng meriahkan pembukaan KCF (Foto: Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - Kaligua Culture Festival (KCF) PTPN IX Kaligua Desa Pandasari, Kecamatan Paguyangan, Kabupatrn Brebes, Jawa Tengah, dibuka Bupati Hj Idza Priyanti SE MH, Sabtu sore 27 Juli 2019.

Event budaya tersebut diselenggarakan selama dua hari dengan menampilkan berbagai kesenian budaya yang diadakan di kawasan Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

Panitia kegiatan, Dimas Indiana mengungkapkan, KCF digelar untuk mengangkat potensi yang ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan serta menarik wisatawan di obyek wisata Kaligua.

"Event ini juga untuk mengingatkan sejarah masa lampau mengenai kebun teh Kaligua terutama saat proses pembuatan pabrik pengolahan teh," katanya.

Ketel uap yang merupakan salah satu bagian pabrik pengolahan daun teh di kompleks Agrowisata Kebun Teh Kaligua dulunya dibawa dari daerah bawah menuju Kaligua. Saat istirahat, orang yang membawa ketel uap tersebut dihibur dengan tarian ronggeng.

"Karena itu, tarian ronggeng ini juga kita tampilkan dalam event KCF," kata Dimas.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti dalam sambutannya saat membuka berharap dengan adanya KCF mampu mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

"Harapanya, wisatwan domestik maupun luar negeri datang ke Kaligua dan melihat langsung Kaligua indahnya seperti apa," kata Idza.

Idza juga mengajak kepada wisatawan untuk merasakan sendiri kesejukan udara Kaligua serta hamparan kebun teh yang hijau menyejukan mata.

Sementara, dalam KCF tersebut digelar berbagai acara seperti kirab budaya, pentas seni tradisional, sarasehan dan ritual ketep uap.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita