Jumat, 26/07/2019, 14:57:06
KCF Lestarikan Budaya Lereng Gunung Slamet
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Kaligua Culture Festival (KCF) 2019 bakal digelar, Sabtu-Minggu 27-28 Juli 2019 di Lapangan PTPN IX Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Even budaya ini akan mengangkat kebudayaan dan kesenian yang ada di lereng gunung Slamet dan wilayah selatan Brebes. Even akan melibatkan masyarakat, pelaku seni kreatif dan komunitas.

Ketua panitia KCF, Awal Rayziq mengatakan, kegiatan yang mengusung tema 'Berbudaya, Bersama, Berkarya dan Bergembira' ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan serta mengembangkan kebudyaan.

"Selain itu juga menjadi media untuk membangun karakter yang arif dan kreatif, juga positif di tengah ancaman memudarnya budaya bangsa," katanya.

Menurutnya, rangkaian acara meliputi napak tilas budaya, kirab budaya, upacara adat, musik kebun teh, pameran karya komunitas, creativ sharing atau taklshow kreatif, upacara ketel uap, sarasehan budaya, pesta seribu obor dan berbagai kegiatan kolaborasi dari para pelaku seni yang ada di Brebes bagian selatan.

"Pada event kali ini diinisiasi oleh komunitas dan pelaku kreatif yang ada di brebes selatan bersatu untuk melaksanakan event ini dan di bantu oleh masyarakat sekitar desa pandansari," ungkapnya pula.

Kepala Desa Pandansari, Irwan Susanto ST menyambut baik adanya KCF 2019 yang juga disambut baik seluruh warganya. "Kami warga di Pandansari sangat berterimakasih ada kegitan yang bertujuan mengangkat budaya lokal," ucapnya.

Manajer Agrowisata PTPN IX Kaligua, Marjono juga mengapresiasi dan antusias menyambut kegiatan selama dua hari ini. Selain akan menarik banyak pengunjung, kegiatan juga akan lebih mengenlkan tentang Kaligua dan budaya msayarakatnya secara umum.

"Ini akan menarik banyak pengunjung, karenanya kami juga mengimbau pada pengunjung untuk membawa perlengkapan pakaian hangat karena suhu yang sangat dingin berkisar 3' C - 6'C," pesannya.

Rencananya acara akan dibuka oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang juga menyatakan, Pemda Brebes sangat mendukung kegiatan karya positif dari generasi milenial Brebes Selatan ini.

Kegiatan akan menjadi momen bersejarah karena baru pertama kali di selenggarakan Kaligua Culture Festival 2019 dan berharap banyak menarik wisatawan baik lokal, nasional maupun internasional di Kabupaten Brebes.

Penggagas City Branding "Bumiayu Beauty Of Java", Jefry Arsya Robby menyambut baik adanya gelaran budaya bertajuk Kaligua Culture Festival 2019 ini. Diharapkan akan menarik banyak wisatawan, baik lokal, nasional maupun internasional tentang keindahan alam pariwisata di Bumiayu.

"Jangka panjangnya nanti benar-benar Beauty Of Java menjadi Trade Tourism Investment," katanya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita