Jumat, 19/07/2019, 17:30:57
Brebes Raih Top 99 KIPP 2019 Dari MENPANRB
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Bupati BrebesHj Idza Priyanti menerima penghargaan Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) (Foto: Dok. Humas)

PanturaNews (Brebes) - Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berhasil meraih penghargaan Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019.

Penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) dikarenan Brebes telah membuat inovasi Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang telah dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung Men PAN-RB Syafruddin kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di Gumaya Tower Hotel Semarang, Kamis 18 Juli 2019 malam.

“Alhamdulillah, semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi anak-anak Brebes agar semuanya bisa mengenyam pendidikan setinggi mungkin,” ucap Idza usai menerima penghargaan dengan wajah sumringah.

Menurutnya, Pemkab Brebes telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan pelayanan masyarakat yang lebih baik. Terkhusus, menaruh perhatian penuh terhadap kelangsungan pendidikan bagi anak-anak Brebes. Jangan sampai anak Brebes putus sekolah, untuk itu semua pihak harus bersama-sama turut serta mengangkat derajat pendidikan mereka.

“Minimal, anak-anak Brebes mengenyam pendidikan hingga jenjang SLTA,” tandasnya.

Menurutnya, Brebes dipandang telah berhasil menciptakan inovasi pelayanan dasar dalam bidang pendidikan, berupa Gerakan Kembali Bersekolah. Inovasi GKB dirintis sejak 2017 dengan target 1000 anak putus sekolah dan berhasil mengembalikan sebanyak 1.212 anak Kembali Bersekolah.

Di Brebes, lanjutnya, ada 16.874 anak tidak sekolah akibat putus sekolah dan tidak melanjutkan sekolah pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Dan pada akhir tahun 2022, seluruh anak Brebes ditargetkan harus sekolah hingga jenjang SLTA, baik formal maupun non formal.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menjelaskan, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik merupakan event yang tidak hanya apresiasi, tetapi juga kolaborasi berbagai instansi pemerintah dalam menciptakan sinergi untuk masyarakat. Sebanyak 99 inovasi ini terpilih dari 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara online melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) jumlahnya terus meningkat dari tahun 2018 yang mencapai 2.824 proposal inovasi.
Peningkatan ini, jelas Diah, tidak hanya kuantitas, tetapi juga dari segi kualitas inovasinya.

Sedangkan pemkab/pemkot yang berada di wilayah Jawa Tengah mengikutsertakan 11 inovasi dalam ajang bergengsi ini, termasuk Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Atasi Anak Tidak Sekolah (ATS) milik Kabupaten Brebes sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

Adanya penghargaan ini diharapkan merangsang dan menjadi motivasi bagi semua instansi pemerintah untuk selalu menciptakan inovasi.

Kementerian PANRB sebagai penggerak reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik terus mendorong inovasi-inovasi terbaik agar diterapkan secara nasional.

Hadir mendampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Kepala Dindikpora DR Tahroni MPd, Kabid Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Lusiana Indira Isni SSos M Ikom, Kabag Organisasi Perangkat Daerah Drs Khaerul Abidin MM.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita