Rabu, 17/07/2019, 00:43:05
Megawati Tunjuk Lagi Indra Kusuma Ketua PDIP Brebes
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Foto dokumen.

PanturaNews (Brebes) – Ketua Umum DPP PDI P Megawati Soekarno Putri kembali menunjuk Indra Kusuma sebagai Ketua DPC PDI P Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hingga lima tahun kedepan. Hal itu berdasarkan hasil Dengan Konferensi cabang (konfercab) di Semarang, Minggu 14 Juli 2019.

Dengan demikian, mantan Bupati Brebes itu, menduduki kursi pimpinan partai berlambang banteng moncong putih, di Kabupaten Brebes untuk  yang kelima kalinya.

Diketahui, ada sebanyak 10 calon yang diajukan ke DPP PDI P untuk dipilih sebagai ketua DPC. Diantaranya selain Indra Kusuma (petahana), juga Idza Priyanti (Bupati), Narjo (wakil bupati), Illia Amin (Ketua DPRD), Cahrudin (anggota DPRD), Sukirso (anggota DPRD), M Rizki Ubaidillah (anggota DPRD), Nasikun (anggota DPRD) dan Muhamad Taufik serta Imam Santoso (pengurus DPC).

“Benar ada 10 nama yang diajukan ke DPP PDI P untuk dilakukan seleksi. Hasilnya Ketua Umum DPP PDI P Ibu Megawati Soekarno Putri merekomendasikan saya kembali memimpin untuk menjabat sebagai Ketua DPC PDI P Kabupaten Brebes, untuk periode lima tahun ke depan,” ujar Indra Kusuma saat dikonfirmasi, Selasa 16 Juli 2019.

Menurut Indra, ada beberapa pertimbangan dari DPP, yang kembali memilihnya (Indra Kusuma-red) sebagai Ketua DPC PDI P Kabupaten Brebes untuk ke-5 kalinya. Salah satu diantaranya adalah atas keberhasilan dalam menjalankan organisasi partai. Dimana DPC PDI P Kabupaten Brebes dianggap sukses dalam pemilu dan pilpres 2019 kemarin.

"Seperti pemilu legislatif, kursi di DPRD kabupaten naik dari yang sebelumnya 11 menjadi 13 kursi. Kemudian, DPRD provinsi naik dari 2 menjadi 3 kursi dan DPRD Pusat dari sebelumya 2 kursi dapat 3 kursi," terang Indra Kusuma.

Tidak hanya pemilu legislatif, masa kepemimpinan Indra juga dinilai sukses dalam meraup suara signifkkan saat pilpres untuk paslon 01 Jokowi-Maruf Amin. Dimana, perolehan suaranya di Kabupaten Brebes mencapai 70 persen mengalahkan pesaingnya.

Sementara, salah satu pengurus DPC PDI P Kabupaten Brebes, Moh. Rizki Ubaidillah menjelaskan, dalam konfercab itu, DPP PDI P mengeluarkan dua sekaligus peraturan partai. Pertama, peraturan nomor 28 yang mengatur terkait DPC. Kedua, peraturan yang terkait pimpinan dewan.

"Sudah jelas ya, terkait pimpinan dewan memang ada aturan bahwa pimpinan DPRD diprioritaskan masuk dalam KSB ketua, sekretaris, bendahara. Kedua ada poin bahwa pimpinan DPRD atau jajaran pimpinan DPRD maksimal dua kali atau periode jabatan. Namun keputusan akhir itu, juga bisa ditentukan oleh keputusan DPP," papar Uki, panggilan akrabnya.

Uki menambahkan, keputusan terkait pimpinan dewan juga tetap keputusan DPP. Untuk itu, rekomendasi siapa menjadi calon pimpinan DPRD masih menunggu keputusan dari DPP.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita