Senin, 15/07/2019, 10:50:07
Greget Butosabaringan Pukau di Pelantikan Kades
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sendratari Greget Sabaringan tampil memukau di acara pelantikan Kepala Desa (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes)  - Mengangkat kisah yang menggambarkan semangat para pemimpin, Sendratari Greget Butosabaringan tampil memukau di pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih yang digelar di Lapangan Asri Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Senin 15 Juli 2019.

Acara pelantikan Kades yang dihadiri Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti, jajaran pejabat Forkompinda Brebes dan anggota DPRD Brebes ini juga disaksikan ribuan masyarakat sekaligus pendukung para Kades yang dilantik.

Sendratari Greget Butosabaringan yang didukung 20 penari ini menggambarkan semangat para pemimpin di wilayah selatan Kabupaten Brebes yang terdiri enam kecamatan. Yakni, Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem.

Kesungguhan para pemimpin digambarkan dalam upayanya mengangkat potensi lokal di enam kecamatan tersebut. Kostum batik yang dikenakan penari menggambarkan potensi yang ada di Salem. Tetabuhan rebana menggambarkan hasil kerajinan dari Kaliwadas Bumiayu. Nuansa kebun teh Kaligua di Paguyangan gambaran keindahan alamnya.

Sayuran yang melimpah sebagai hasil bumi Sirampog pun diangkat apik dalam tarian. Pemandian air panas yang menyehatkan pun tak ketinggalan yang merupakan ikon dari Bantarkawung. Tarian juga diwarnai dengan tatanan gerak para prajurit fosil hewan purba Sinomastodon Bumiayu Ensis kekayaan dari Tonjong.

"Sendratari ini mengangkat kisah kesungguhan para pemimpin di wilayah selatan untuk memajukan daerahnya," ujar Elsayanti, sang penata tari.

Semua potensi unggulan di selatan itu sengaja dikemas secara apik pada gerak tari dan warna-warni kostum. Semua menjadi satu dalam "The Golden Six Tourim of Brebes", yakni sebuah sendratari Nyawijining Greget Butosabaringan.

"Sendratari itu juga bertujuan untuk mengingatkan kita untuk melestarikan budaya dalam wujud semangat membangun daerah dan menyejahterakan rakyat," kata Elsayanti.

Perlu diketahui Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE MH melantik 42 Kades terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap 1untuk periode 2019-2025 di lapangan Asri.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan penandatanganan berkas pelantikan. Pelantikan disaksikan pejabat Forkompinda Brebes, beberapa anggita DPRD para Camat di wilayah selatan dan masyarakat.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita