Senin, 08/07/2019, 23:42:31
Kapolres Sidak Pasar, Harga Cabai Merah Terus Meroket
LAPORAN JOHARI

Kapolres Sidak Pasar

PanturaNews (Tegal) – Sejak lebaran harga cabai merah di pasar tradisional Kota Tegal Jawa Tengah terus meroket. Sementara bumbu dapur lainnya, seperti bawang merah dan bawang putih cenderung turun. Hal itu terungkap saat Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di Pasar Pagi Kota Tegal Jawa Tengah, Senin 08 Juli 2019.

Menurut pedadang bumbu dapur Fitri (54), kenaikan harga cabai merah dirasakan sejak lebaran. Jika sebelumnya harga cabai merah Rp 30 ribu kini sudan mencapai Rp 55 ribu perkilogram. Pasalnya, selama ini pasokan dari Jawa Timur. Sedangkan pasokan dari wilayah tetangga, seperti Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal, tidak ada pasokan meskipun ada harganya sudah tinggi.

“Ini cabai kiriman dari Jawa Timur, dari Brebes tidak masuk karena harganya sudah tinggi mencapai Rp 50 ribu perkilonya,” ujar Fitri.

Fitri menambahkan, di Kota Tegal tidak ada lahan pertanian, sehingga mengandalakan dari luar kota.

“Kalau di Kota Tegal kan tidak ada sawah pertanian, lahannya banyak dibangun gedung-gedung dan perumahan, jadi pedagang mengandalkan pasaokan dari luar kota,” imbuh Fitri.

Fitri minta kepada pemerintah untuk segera menurunkan harga cabai yang terus meroket, karena kalau dibiarkan kasihan pembeli. “Ya kalau harganya mahal pembeli gak jadi beli,” ungkapnya.

Kepala Pasar Pagi Kota Tegal, M Suherman membenarkan kenaikan harga cabai merah, yang terus meroket, karena pasokannya dari Jawa Timur. Sementara  daerah penyangga seperti Kabupaten Brebes belum panen. “Di Brebes belum panen, ini pedagang dapat kiriman dari Jawa Timur,” ujarnya.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat Kabupaten Brebes, sudah panen sehingga pedagang Pasar Pagi bisa mendapat pasokan dari daerah tetangga. “Kalau bumbu dapur lain,seperti tomat, bawang merah dan bawang putih malah turun, hanya cabai merah saja yang belum turun sejak lebaran,” tandasnya.  




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita