Kamis, 13/06/2019, 13:33:11
Lima Calon Kades Manggis Sampaikan Visi Misi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Lima calon Kades Manggis duduk di tempat yang disediakan panitia saat kampanye terbuka dan penyampaian visi misi (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar kampanye terbuka penyampaian visi misi para calon Kepala Desa (Kades), Kamis 13 Juni 2019.

Kegiatan yang digelar di halaman Balai Desa setempat itu dihadiri warga para pendukung masing-masing calon Kades. Acara diawali dengan sambutan-sambutan, mulai dari ketua panitia, Pj Kades dan Ketua BPD Manggis.

Ketua panitia Pilkades, H Arifin mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan Pilkades. Pada Calon Kades juga diminta dapat mengendalikan para pendukungnya untuk tidak melanggar aturan.

"Jangan sampai melakukan pelanggaran apalagi ada politik uang, kalau ada pelanggaran akan ada sangsinya," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan sosialisasi cara pencoblosan saat pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada Minggu 16 Juni 2019 mendatang.

Selanjutnya lima Calon Kades Manggis yakni, nomor 1 Muhajirin, nomor 2 M Rifqi SPdI, nomor 3 Masruri SAg, nomor 4 HM Ghufron SE dan nomor 5 H Dimyati SE MM. Secara bergantian sesuai nomor undian menyampaikan visi misi dan janji-janji jika nanti terpilih sebagai Kades Manggis.

Pada penyampaian visi misi para calon Kades menjanjikan pembangunan infrastruktur jalan pedesaan untuk meningkatkan perekonomian. Ada juga calon Kades yang menjanjikan kenaikan honor bagi para kader Posyandu, para ulama dan guru ngaji.

Calon Kades juga ada yang berjanji akan meningkat produksi pertanian untuk menyejahterakan warga. Caranya dengan meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian.

Masalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) juga sempat disinggung oleh calon Kades saat menyampaikam visi misinya. Peningkatan SDM ini akan dilakukan dengan peningkatan pendidikan melalui program bantuan dan pembangunan sarana pendidikan.

Penyampaian visi misi calon Kades Manggis sempat terhenti karena aliran listrik padam. Panitia Pilkades juga sempat sibuk menghubungi PLN dan mencari solusi karena belum semua calon Kades menyampaikan visi misinya. Acara kembali dilanjutkan setelah panitia mendapatkan genset untuk mengganti tenaga listrik pengeras suara.

Karang taruna dan kepemudaan sempat majadi sorotan di anatara calon Kades dan berjanji akan dihidupkan kembali untuk pemberdayaan pemuda. Pemerataan pembangunan di seluruh pedukuhan yang ada dan pemerintahan yang bersih serta bebas dari pungutan liar sempat pula disinggung oleh salah satu calon Kades.

Semua lembaga desa akan terus dikordinasikan dan pemerintahan desa akan dijalankan dengan keterbukaan dan kejujuran demi pembangunan dan kemajuan desa Manggis. Hal itu menjadi salah satu janji serta visi misi di antara calon Kades.

Menarik pada kegiatan tersebut, meski para calon Kades berupaya keras untuk dapat menarik simpati warga, tetap akrab duduk di kursi yang disediakan panitia. Sehingga meski seringkali banyak tepukan dan teriakan para pendukung, suasana tetap aman nyaman selama acara berlangsung.

Kampanye terbuka dan penyampaian visi misi para calon Kades Manggis dipantau oleh Camat Sirampog, Wigiyanto SIP bersama jajaran Muspika. Pemantauan juga dilakukan ke desa-desa lainnya yang sesuai jadwal menggelar kegiatan kampanye Pilkades.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita