Selasa, 11/06/2019, 01:16:48
530 Calon Kades Ikrar Siap Menang dan Kalah
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

 

Para calon kades membacakan ikrar damai di hadapan Bupati Brebes dan jajaran Forkominda. (Foto: Takwo Heriyanto)

 

PanturaNews (Brebes) - Sebanyak 530 calon kepala desa (Cakades) dari sebanyak 148 desa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan pembacaan ikrar damai, di Pendopo Brebes, Senin 10 Juni 2019. Pembacaan ikrar damai dalam rangka akan menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap I tersebut, disaksikan langsung oleh Bupati Brebes Idza Priyanti dan jajaran Forkominda Kabupaten Brebes, seperti Dandim 0713/Brebes, Letkol Inf Faisal Amri dan Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono.

Adapun ikrar damai yang dibacakan, yakni calon Kepala Desa (Kades) dengan semangat persatuan dan kesatuan menyatakan siap menciptakan Pilkades yang aman, tertib dan damai di Kabupaten Brebes.

Kemudian, bertekad senantiasa terpeliharanya keutuhan NKRI dan mematuhi serta mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Usai pembacaan ikrar damai dilanjutkan dengan sambutan Bupati Brebes Idza Priyanti. Dalam sambutannya, pihaknya meminta, seluruh cakades dan panitia agar menyukseskan Pilkades serentak gelombang satu yang akan digelar 16 Juni 2019 mendatang.

Dalam kompetisi apapun, termasuk Pilkades ada yang kalah dan menang. Yang menang jangan berbangga hati lebih dulu karena perjuangan baru akan segera dimulai, dan yang kalah jangan berkecil hati. Dalam pesta demokrasi tingakt desa harus mengedepankan kepentingan umum atau masyarakat, sehingga tidak ada perpecahan atau gesekan antara pendukung.

“Mari kita sukseskan Pilkades serentak 2019 dan dikawal sehingga berjalan dengan baik, lancar, aman, sukses dan kondusif,” ajak Bupati.

Agar bisa mencapai Pilkades yang aman dan sukses, lanjut dia, panitia diminta menjadi penyelenggara Pilkades yang baik, dengan mengikuti seluruh tata cara yang baik, harus jujur dan adil (Jurdil).

“Bila mereka sudah tidak adil, maka ujung-ujungnya tidak bagus. Karena itu, kejujuran, keadilan, langsung, umum, bebas, rahasia menjadi pedoman dasar dalam pelaksanaan Pemilu,” ucapnya.

Deklarasi damai, lanjut dia, perlu dilakukan dan diikuti para Panitia Pilkades dan para Calon Kades untuk mewujudkan Pilkades serentak 2019 yang aman dan lancar.

“TNI dan Polri juga dipastikan bersikap netral di setiap pelaksanaan Pilkades,” pungkasnya.

Sementara, Damdim 0713/Brebes Letkol Inf Faisal Amri SE menambahkan, setiap cakades harus siap menang dan siap kalah. Bagi calon yang kalah harus legowo, dan harus mendukung Kades terpilih dalam membangun desa.

“Tidak justru menghasut sana-sini yang akhirnya akan menimbulkan ketidaknyamanan di lingkungan masyarakat. Jadi, calon Kades harus siap menang dan siap kalah,” tegasnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita