Minggu, 09/06/2019, 09:32:12
KPU Buka Kotak Suara, Bawaslu Tidak Hadir
LAPORAN NINO MOEBI

KPU Kota Tegal membuka kotas suara Pemilu 2019 (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Komii Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jawa Tengah, telah melakukan pembukaan kotak suara rekapitulasi Tingkat Kecamatan di Kantor KPU Jalan Sumbodro Kota Tegal, Sabtu 8 Juni 2019 siang.

Pembukaan kotak suara dilakukan, terkait gugatan Paslon Capres dan Cawapres Nomor 02 yang sedang bergulir di Makamah Konstitusi (MK).

Pembukaan kotak suara tanpa dihadiri oleh pihak Bawaslu. Menurut informasi, Bawaslu menolak menghadiri kegiatan tersebut karena menunggu hasil koordinasi antara Bawaslu RI dan KPU RI.

Saksi Palson 02, Nurhayati menyampaikan Keberatan. Berita acara pembukaan kotak suara pada hari Sabtu 8 Juni 2019, tidak ditandatangani oleh Bawaslu dan Saksi Paslon 02.

"Kami sementara tidak bisa menandatangani berita acara pembukaan kotak suara pada kesempatan kali ini. Selanjutnya kami akan berkonsultasi secara internal dengan BPN. Hasilnya nanti akan kami sampaikan ke KPU," tegas Nurhayati.

KPU memberikan kesempatan kepada Saksi Paslon 02 untuk berkonsultasi sampai dengan hari ini sampai pukul 17.00 WIB. Kalau tidak ada Pemberitahuan dari paslon 02, maka KPU akan mengirimkan bukti-bukti ke Provinsi tanpa tandatangan saksi Paslon 02.

Ketua KPU Kota Tegal, Elvy Yuniarni menyampaikan, pembukaan kotak suara merupakan bentuk integritas selaku penyelenggara Pemilu dan sebagai masyarakat Indonesia untuk mengantarkan pimpinan dan anggota legislatif.

"Sebenarnya kami sudah berkoordinasi dengan Bawaslu. Namun ada informasi Bawaslu belum bisa menghadiri acara ini," kata Elvy.

Lebih lanjut menjelaskan, pembukaan kotak suara bisa dilakukan KPU tanpa menunggu perintah dari MK. Bawaslu meyakini perintah pembukaan kotak harus keputusan Bawaslu. Kemudian adanya perintah dari KPU Provinsi Jawa Tengah nomor 531/PY.01.1-SD/33/Prov/IV/2019 tanggal 1 Juni 2019 Perihal Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019.

"Besok alat bukti tersebut akan dibawa ke Provinsi. Kemudian KPU Kabupaten/Kota juga akan mengirimkan bukti-bukti kepada KPU RI," pungkas Elvy.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Kota Tegal, Elvy Yuniarni, Kapolsek Tegal Timur mewakili Kapolres Tegal Kota, komisioner KPU Kota Tegal Thomas Budiono, Mansur, Lis Herawati, Akhmad Khaerudin, Sekretaris KPU Kota Tegal, Soni Sontani. Perwakilan Saksi Paslon 02 Nurhayati (Gerindra), Rifai (Gerindra), Kartika (Gerindra), Reza Hardian (Saksi Paslon 01/PDIP) dan Ketua PPK se-Kota Tegal.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita