Minggu, 05/05/2019, 16:23:49
Warga Siapkan Wisata Tubing Sungai Pemali
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sejumlah warga gotong royong menata aliran sungai Pemali untuk dipersiapkan wisata tubing (Foto: ZaenalMuttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Puluhan warga Dukuh Penanjung 3 Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu 05 Mei 2019 gotong royong menata aliran Sungai Pemali untuk dipersiapkan menjadi lokasi wisata air.

Puluhan warga laki-laki dan perempauan itu bahu-membahu menyiapkan arus sungai dengan menyingkirkan batu-batu sungai ke bagian pinggir. Aliran Sungai Pemali di bagian hulu tersebut direncanakan untuk lokasi wisata tubing yang dapat menarik wisatawan.

Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Brebes Iskandar mengatakan, penataan aliran sungai untuk merintis wisata air yang cukup menarik bagi wisatawan.

“Warga secara bertahap gotong royong menata aliran sungai yang akan digunakan untuk pembangunan wisata tubing,” katanya.

Menurutnya, wisata tubing yang dipersiapkan sepanjang 2,5 kilometer, mulai dari Jembatan Penanjung 3 hingga Jembatan Pelangi di Penanjung 1.

"Star di Penanjung 3 bawah jembatan dan menyusuri aliran sungi sepanjang 2,5 kilometer atau sampai bawah Jembatan Pelangi di Dukuh Penanjung 1," terang Iskandar.

Dikatakan, sebidang lahan juga disiapkan untuk di dekat sungai untuk mendukung wisata air tersebut. Lahan di dekat Start itu akan disiapkan banguna pendukung.

Wisata air didukung sepenuhnya oleh Forum Sadar Lingkungan Penanjung (Forslip) yang juga akan mempersiapkan hunian bagi para pengunjung. Hunian akan menggunakan rumah-rumah warga sebagai Homestay.

Selain wisata tubing, warga juga akan mempersiapkan wisata sepeda gunung. Pengunjung dapat menyusuri perbukitan yang letaknya sekitar Sungai Pemali.

“Kita juga mulai persiapkan wisata sepeda gunung. Jarak jalurnya sekitar 2 kilometer yang finish di embung,” pungkas Iskandar.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita