Rabu, 24/04/2019, 23:00:25
Muhadi Setiabudi: Ingin Sukses Harus Berani Stres
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Para peserta sedang mendengarkan materi yang disampaikan oleh pengusaha ternama, Muhadi Setiabudi. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah, menggelar seminar dengan tema “Strategi Peningkatan Pemantapan Ketahanan Ekonomi” di Grand Dian Hotel Brebes, selama dua hari, Selasa- Rabu, 24-25 April 2019.

Sebagai pembuka dalam kegiatan yang dihadiri sejumlah organisasi kepemudaan, mahasiswa, masyarakat, agama dan kalangan pelaku usaha adalah, Kepala Badan Kesbangpol Pemerintah Provinsi Jateng, Achmad Rofai.

Sementara, sebagai moderator atau pemberi materi pada seminar di hari pertama Selasa 24 April 2019, disampaikan oleh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis dari UNDIP Semarang, Maruto Umar Basuki, SE, M.Si.

Materi yang diberikan kepada para peserta, yaitu terkait ”Strategi dan Permasalahan Pengembangan Usaha di Wilayah Perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat”.

Pengusaha ternama asal Brebes, Dr. (HC) H. Muhadi Setia Budi, juga dihadirkan dalam penyampaian materi terhadap seminar ini. Materinya adalah “Dampak Ganda Perekonomian Lokal Lintas Perbatasan Ditinjau Dari Aspek Sosial, Budaya dan Politik.

Dalam seminar ini, para peserta bukan hanya diberikan materi-materi terkait kegiatan seminar tersebut. Namun, juga diberikan hak tanya jawab atau dialog mengenai pokok persoalan apa yang tengah dihadapi khususnya bagi kalangan pelaku wirausaha dan bisnis.

Salah satu pemberi materi, Muhadi Setiabudi menyampaikan, bagaimana strategi peningkatan pemantapan ketahanan ekonomi, adalah harus bisa dihadapi dengan semangat tinggi dan professional.

“Seperti saya ini, bisa menjadi seorang pengusaha, karena memiliki prinsip kalau ingin menjadi sukses harus berani stres. Artinya, jadikanlah stres itu untuk dijalankan dalam mengelola atau memegemen sebuah usaha yang sedang digeluti. Jangan justru dihindari. Bagaimana mau maju usahanya, kalau belum pernah mencobanya sudah menyerah,” ujar Muhadi kepada para peserta.

Untuk itu, Mudahadi, berpesan kepada para peserta, khususnya bagi para pelaku usaha dan bisnis, dalam menghadapi persaingan perekonomian di era modern dan serba digital ini, harus berani melangkah tanpa adanya bentuk keraguan.

Adapun, di hari kedua, materi disampaikan oleh Kantor Kesbangpol Kabupaten Brebes dengan tema “Peran Pemerintah Kabupaten Brebes Dalam Rangka Percepatan Pengembangan Ekonomi Daerah Utamanya Perbatasan Provinsi Jateng dan Jabar”.

Pemateri terakhir adalah dari persatuan pemangku kepentingan, yang disampaikan oleh Hadi. Temanya yaitu, “Dampak Pengembangan Sektor Pariwisata Terhadap Investasi Usaha Perekonomian Daerah”.

Usai kegiatan, Kepala Badan Kesbangpol Pemerintah Provinsi Jateng, Achmad Rofai, mengatakan, kegiatan seminar tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari adanya pembahasan bersama oleh Pemerintah Provinsi lintas perbatasan Jateng dan Jabar beberapa waktu lalu.

“Dengan maksud untuk menyelaraskan konsepsi strategi pemantapan ketahanan ekonomi terhadap pembangunan bangsa dalam menyikapi berbagai kondisi. Baik terhadap kondisi perubahan lingkungan nasional, regional dan global,” tuturnya.

 

 

 

 

 




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita