Jumat, 19/04/2019, 18:43:59
Longsor Timbun Jalan Utama Kalipucung
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Longsor akibat hujan deras menimbun jalan utama Dukuh Kalipucung Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bencana longsor akibat hujan deras terjadi di Dukuh Kalipucung, Desa Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat 19 April 2019 sekira pukul 16.30 WIB. Jalan tertimbun longsor sepanjang lebih dari 10 meter dan ketebalan timbunan longsor satu hingga dua meter.

Longsor menyebabkan jalan utama di dukuh tersebut tertutup oleh timbunan material longsoran dan tidak dapat dilalui oleh semua kendaraan. Akses transportasi juga tertutup, dan upaya untuk membuka jalan belum dapat dilakukan karena cuaca hujan dan gelap.

Informasi yang diperoleh dari warga setempat menyebutkan, di lokasi yang sama pada Februari lalu juga mengalami longsor. Jalan tertutup material longsor berupa tanah dan rumpun bambu yang cukup besar.

"Lokasi yang sama sebelumnya pwrnah lomgsor. Tanah berlumpur dan rumpun bambu menutup badan jalan selebar empat meter tersebut," kata Wandi warga setempat.

Menurutnya pula, jalan tertimbun longsor sepanjang lebih dari 10 meter dan ketebalan timbunan longsor satu hingga dua meter. Warga setempat sempat berupaya membuka jalan dengan menyingkirkan timbunan tanah berlumpur, tapi baru sebagian dan waktu keburu gelap dan turun hujan.

"Sekitar 10 meter lebih jalan yang tertimbun longsor sehingga tidak dapat dilewati," ujar Wandi.

Dukuh Kalipucung dihuni 100 kepala keluarga atau sekitar 700 jiwa. Jalan tersebut merupakan satu-satunya akses transportasi menuju dan keluar dukuh.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita