Jumat, 19/04/2019, 17:43:54
3 TPS di Brebes Berpotensi Pemungutan Suara Ulang
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Komisioner Bawaslu Brebes Divisi Penindakan, Yunus Awaludin Zaman (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Brebes, Jawa Tengah, menyebutkan, adanya temuan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) yang berpotensi pada pemungutan suara ulang (PSU) di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat berlangsungnya pencoblosan pada Rabu 17 April 2019 lalu. 

"Tiga TPS yang berpotensi pada pemungutan suara ulang itu, ada di tiga desa di Kecamatan Bantarkawung. Diantaranya, di TPS 12 Desa Jipang, TPS 13 Desa Banjarsari, dan TPS 28 Desa Pangebatan," ujar Komisioner Bawaslu Brebes Divisi Penindakan, Yunus Awaludin Zaman, Jumat 19 April 2019.

Yunus menjelaskan, pelanggaran pemilu yang ditemukan dan berpotensi pada pemungutan suara ulang itu, lantaran ada tiga orang yang memiliki KTP elektronik dari luar daerah, namum mencoblos di tiga TPS itu. 

Padahal, tiga pemilih itu tak memiliki formulir A5 dan juga tidak terdaftar di DPT, DPTb maupun DPK.

"Sesuai aturan, tiga orang yang memilki KTP untuk mencoblos di TPS di luar domisili, ini tidak boleh. Seharusnya, pemilih yang berpindah TPS atau melakukan prosedur pindah memilih wajib dengan membawa formulir A5 untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

Formulir A5 merupakan keterangan pemilih yang berpindah dari TPS asal ke TPS tujuan yang didapatkan dari kantor desa/kelurahan atau kantor KPU provinsi.

"Temuan ini sudah kita laporkan ke Bawaslu Jateng. Saat ini kita sedang menunggu rekomendasi selanjutnya dari sana. Apakah nanti akan terjadi pemungutan suara ulang di tiga TPS yang ada di tiga desa di Kecamatan Bantarkawung itu, tergantung dari Bawaslu Provinsi Jateng," pungkasnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita