Selasa, 16/04/2019, 15:32:13
Pada Hari Coblosan Pemilu, Waspada Hujan dan Angin
LAPORAN NINO MOEBI

Koordinator Prakirawan Cuaca BMKG Kota Tegal, Hendy Andriyanto (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Prakiraan cuaca untuk wilayah Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk tiga hari kedepan mulai hari Senin 15 hingga Rabu 17 April 2019, dan pada hari pencoblosan Pemilu berpotensi terjadi hujan yang disertai petir atau guntur, dan angin terutama pada sore hingga malam hari.

Demikian dikatakan Koordinator Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tegal, Jawa Tengah, Hendy Andriyanto, S.Kom di Kantornya Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal, Selasa 16 April 2019.

“Potensi hujan di tiga wilayah tersebut, diperkirakan setelah pukul 13.00 WIB siang hari. Untuk awan mendung dan potensi hujan, kemungkinan mulai sore sampai malam hari,” tutur Hendy.

Dijelaskan, mulai pukul 07.00-13.00 WIB untuk tiga wilayah Tegal, Slawi dan Brebes cerah berawan. Pada sore hari untuk Kota Tegal terjadi hujan ringan. Untuk Kabupaten Tegal terjadi hujan lebat di Kecamatan Bumijawa, Jatinegara dan Margasari.

Untuk Kabupaten Brebes, lanjut Hendy, prakiraan hujan lebat pada sore hari di Kecamatan Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan, Sirampog dan Tonjong. Sedangkan untuk tinggi gelombang di perairan Jawa Tengah berkisar 0.1 - 0.5 meter. Tinggi gelombang maksimum bisa mencapai dua kali lipatnya.

"Pergerakan dimulai dari utara Kota Tegal bergerak menuju selatan. Semakin sore hujan disertai guntur dan angin intensitasnya ke arah selatan semakin kencang," terangnya.

Ditegaskan Hendy, saat hari pencoblosan Pemilu, waktunya dari pagi sampai siang masyarakat masih aman. Tapi menjelang sore sampai malam, apabila hujan petir dan angin kencang tiba perlu untuk keluar rumah dulu. Ida menghimbau masyarakat agar berhati-hati menghadapi cuaca buruk.

Dihimbau, masyarakat yang hendak keluar rumah menggunakan sepeda motor untuk selalu waspada, apalagi melewati jalan lapang yang bisa membahayakan akibat hujan disertai guntur dan angin.

"Prakiraan cuaca dari BMPG setiap hari selalu kami update dan bisa dilihat di website kami bmkgtegal.com, disitu ada prakiraan cuaca per kecamatan untuk Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes," tuturnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita