Selasa, 16/04/2019, 09:24:07
BNN Buka Klinik Rehab Gratis Bagi Pecandu Narkoba
LAPORAN NINO MOEBI

Klinik rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu narkoba di Jalan KH Dahlan Kota Tegal diresmikan (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, Jawa Tengah, resmi membuka layanan klinik pratama rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu, pengguna dan korban penyalahguna narkoba secara gratis di Jalan KH Dahlan Kota Tegal. Klinik dibuka oleh Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah, Brigjen Pol Muhammad Nur, Senin 15 April 2019.

Muhammad Nur menyampaikan, belum optimalnya pelayanan rehabilitasi medis bagi pecandu pengguna dan korban penyalahgunaan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal memfasilitasi klinik rehabilitasi rawat jalan.

Komitmen tersebut, sebagai wujud peningkatan layanan rehabilitasi rawat jalan, mengingat masih banyaknya jumlah korban penyalahguna, pengguna dan pecandu yang belum tersentuh layanan rehabilitasi medis.

"Berdasarkan hasil rekap data jumlah klien rehabilitasi di wilayah kerja BNN Kota Tegal tergolong tinggi. Yakni, pada 2016 sebanyak 29 klien menjalani rehabilitasi rawat jalan, 2017 berkurang menjadi 20 klien dan sepanjang 2018 kembali menurun sebanyak 19 klien, termasuk 6 tersangka yang diasesment Tim Asesment Terpadu," jelas Muhammad Nur.

“Selama 2019 sampai bulan Maret, tercatat ada lima klien yang masih dalam proses rehabilitasi, dan 1 tersangka sudah diasesmen Tim Asesment Terpadu,” ungkapnya.

Muhammad Nur berharap, melalui klinik rehab bagi penyalahguna, semua wilayah di sekitar Kota Tegal meliputi Kabupaten Tegal, Brebes dan Pemalang bisa lebih terlayani dengan baik. Sebab, lembaga rehabilitasi yang dapat melayani masyarakat secara gratis tanpa takut untuk dipenjara sangatlah sedikit sekaligus banyaknya permintaan masyarakat yang memohon surat keterangan hasil pemeriksaan narkoba.

"Untuk itu, BNN Kota Tegal resmi membuka layanan klinik pratama rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu, pengguna dan korban penyalahguna narkoba secara gratis, dan permohonan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Tegal," tambahnya.

Kepala BNN Kota Tegal, Igor Budi Mardiyono menyampaikan, sebagai wujud sinergitas dengan lembaga dan stake holder terkait dalam rehabilitasi penyalahgunaan narkoba. Pihaknya juga sudah bekerjasama dengan tiga lembaga rehabilitasi milik pemerintah, dan tiga lembaga rehabilitasi milik komponen masyarakat. Diantaranya, RSUD Kardinah, Puskesmas Tegal Timur, Puskesmas Tegal Barat, RSU Islam Harapan Anda, RS Mitra Siaga dan Klinik Pratama Aisiyah Siti Hajar dalam melayani rehabilitasi rawat jalan bagi pecandu, pengguna dan korban penyalahguna secara gratis.

“Kepada seluruh pecandu, pengguna dan penyalahguna narkoba untuk dapat datang mengakses layanan rehabilitasi rawat jalan secara gratis, dan tidak dipidanakan sesuai amanat undang-undang,” imbau Igor Budi.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita