Jumat, 12/04/2019, 20:13:08
KPU Catat 1.392 Pemilih Masuk dan 4.821 Keluar
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ketua KPUD Brebes Muamar Riza Pahlevi (Foto: Tawo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) – Sebanyak 1.392 pemilih masuk dan 4.821 pemilih keluar tercatat dalam hasil rekapitulasi penghitungan daftar pemilih tambahan (DPTb), yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan atas dasar pengajuan formulir A5 agar bisa menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2019 di Kabupaten Brebes.

“Keputusan ini tertuang dalam berita acara KPU Brebes nomor 34/PL.01.1-BA/KPU KAB/ IV/ 2019,” ujar Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, Jumat 12 April 2019.

Menurut Riza, berdasarkan catatan itu, jumlah pemilih masuk yang mengurus formulir A5 di daerah asal sebanyak 324 orang. Dengan rinciansebanyak183 laki laki dan 141 perempuan. Kemudian, untuk pemilih masuk yang mengurus A5 di daerah tujuan mencapai 1.068 orang. Dengan rincian sebanyak 545 pemilih laki laki dan 523 perempuan.

Namun demikian, untuk pemilih keluar jumlahnya lebih banyak, yakni 4.821 orang. Dimana, pemilih keluar yang mengurus formulir kepindahan (A5) di daerah asal sebanyak 993 orang.

Mereka terdiri dari 563 laki laki dan 420 perempuan. Sedangkan pemilih keluar yang mengurus A5 di daerah tujuan sebanyak 3.828. Jumlah laki-laki sebanyak 2.117 dan perempuan 1.711 orang.

"Dengan demikian, jumlah total yang keluar ada 4.821 dan 1.392 masuk," terang Riza.
Secara umum, lanjut Riza, alasan kepindahan mereka karena tugas kerja, sekolah dan keperluan lain. Namun, untuk pengajuan pindah keluar bagi pemilih dibagi menjadi beberapa kategori.

Pertama, pindah provinsi, dimana pemilih hanya akan mendapat satu surat suara, yakni surat suara pilpres. Pindah kabupaten/ kota lain di provinsi yang sama tetapi di luar dapil DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota. Pemilih ini hanya mendapat dua surat suara masing-masing untuk pilpres dan DPD.

“Akan tetapi, bagi yang akan pindah di kabupaten/ kota lain di provinsi yang sama di dalam dapil DPR RI, tetapi di luar dapil DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/ kota akan mendapat tiga surat suara. Yaitu pilpres, DPD, dan DPR RI,” tuturnya.

Sementara, imbuh Riza, bagi pindah ke kabupaten/ kota lain dalam satu provinsi dan dalam dapil DPRD provinsi, akan mendapat empat surat suara.

Mereka bisa mendapatkan surat suara pilpres, DPR RI, DPD dan DPRD provinsi. Sedangkan bagi yang pindah ke kecamatan lain dalam satu kabupaten/ kota dan masih dalam dapil DPRD kabupaten/ kota, maka tetap akan mendapatkan lima surat suara.

"Bagi yang tidak mengajukan (formulir) A5, maka tidak bisa menggunakan hak pilih. Maka dari itu, segera minta ke KPU, PPK, dan PPS," tandas Riza.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita