Jumat, 12/04/2019, 14:00:37
Jelang Ramadhan PDAM Lakukan Perawatan Jaringan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Beberapa petugas dari PDAM Unit IKK Bumiayu sedang bekerja melakukan perbaikan pipa instalasi air bersih (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan atau bulan puasa PDAM Unit IKK Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan perawatan seluruh jaringan pipa instalasasi. Perawatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih ke semua pelanggan selama bulan puasa nanti.

"Sebenarnya perawatan rutin kita lakukan, tapi ini lebih intensif karena akan menghadapi bulan puasa," ujar Kepala PDAM Unit IKK Bumiayu, Anis Safarudin SE, Jumat 12 April 2019.

Menurutnya, pada bulan puasa yang tinggal tiga pekan lagi tidak menutup kemungkinan pemakaian air oleh pelanggan akan meningkat. Perawatan dilakukan dengan pengecekan ke setiap pipa instalasi untuk memastikan tidak ada kebocoran.

"Pengecekan dan perawatan dilakukan saat ini agar nantinya saat Ramadhan tinggal pengontrolan saja dan dijarapkan tidak ada kebocoran atau kerusakan pipa," terang Anis.

Dikatakan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Unit IKK Bumiayu ada 4.160 pelanggan. Dari jumlah pelanggan tersebut masih ada sekitar 30 persennya yang pasukan airnya masih giliran, karena letak geografisnya.

"Pelanggan yang masih giliran hanya sekitar 30 persen, dan gilirannya juga siang dan malam saja," ungkap Anis.

Diungkapkan, pada saat Ramdhan dan Lebaran biasanya akan terjadi peningkatan penggunaan air bersih. Peningkatan biasanya antara 15 - 20 meter kubik tiap palangganya dalam satu bulan tersebut.

"Peningkatan penggunaan akan terjadi selama Ramadhan dan puncaknya saat hari-hari Lebaran nanti," tutur Anis.

Meski terjadi peningkatan penggunaan air, Anis tetap optimis pihaknya dapat memenuhi kebutuhan air pelanggannya. Sebab, saat ini kondisi sumber mata air baik Tuk Podol maupun Tuk Bulakan I dan Bulakan II yang menjadi sumber pasokan untuk pelanggan, kondisi debit airnya masih normal.

"Tidak perlu kawatir kondisi debit sumber mata air masih normal dan dapat mencukupi kebutuhan palanggan," ucapnya.

Meski begitu, kepada pelanggan diminta untuk hemat dalam penggunaan air bersih. Pelanggan juga diminta untuk selalu mengontrol penggunaannya melalui water meter agar tetap terkendali.

"Pelanggan sebaiknya selalu mengontrol sendiri penggunaan airnya, sebab penggunaan yang berlebihan juga akan memberatkan pelanggan sendiri," kata Anis.

Pelanggan juga dihimbau untuk menggunakan air bersih secara bijak, yaitu lebih diutamakan untuk kebutuhan konsumsi masak dan air minum.

"Apalagi kalau untuk mencuci kendaraan sebaiknya tidak menggunakan air bersih PDAM," kata Anis menghimbau.

Kepada pelanggan juga diharapkan untuk melapor ketika ada masalah dengan pasokan air bersihnya. Petugas piket akan siap melayani pelanggan meski saat lebaran nanti.

"Jika ada permasalah pasokan air secepatnya menghubungi petugas," pungkas Anis.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita