Rabu, 10/04/2019, 19:47:19
Dewi Aryani Gencar Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan
LAPORAN SL. GAHARU

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dilakukan Dewi Aryani di beberapa kecamatan di Dapil Jateng IX (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Brebes) - Pada masa Reses kali ini, secara berturut-turut Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Hj. Dewi Aryani, MSi gencar melakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX yang meliputi Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes, Senin-Rabu 8 – 10 April 2019.

“BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada pekerja, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun dan lainnya,” terang Dewi Aryani saat Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan di Gedung KPRI Goodwill, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Rabu 10 April 2019.

Sebelumnya, sosialisasi yang dihadiri ratusan warga digelar Kecamatan Talang pada Senin 8 April 2019, dan di Gedung BMT NU Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal pada 9 April 2019. Sosialisasi di Kabupaten Tegal dihadiri Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal, Muh. Haryanta dan di Kabupaten Brebes dihadiri Kepala Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Brebes, Agus Pandu Indra Putra.

Menjawab pertanyaan peserta mengenai manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi mereka yang hanya petani dan bekerja di sawah, Dewi Aryani menjelaskan bahwa selain mendapatkan manfaat penggantian berobat gratis karena sakit akibat kecelakaan kerja dan klaim kematian bagi keluarga yang ditinggalkan, melalui program BPJS Ketenagakerjaan ini peserta dapat menabung untuk hari tua nanti atau pun saat pensiun.

Menurut Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr ini, paradigma masyarakat kebanyakan saat ini, bahwa BPJS Ketenagakerjaan hanya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja di pemerintah atau perusahaan sebagai karyawan maupun buruh. Paradigma itu keliru.

“Pekerja informal seperti pedagang pasar atau asisten rumah tangga, jasa tukang ojek, sopir angkot, petani pun bisa mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, merekalah yang dikenal dengan istilah Bukan Penerima Upah atau BPU," terang politisi PDI Perjuangan ini.

Ada pula peserta sosialisasi, Zaenal menanyakan sulitnya melakukan pembayaran di Indomaret atau pun Alfamart. Atas pertanyaan itu, Dewi Aryani meminta agar saat melakukan pembayaran menyebutkan secara jelas bahwa peserta tersebut akan membayarkan iuran kartu BPJS Ketenagakerjaan, bukan hanya menyebutkan bayar kartu BPJS.

“Karena yang banyak dikenal secara umum adalah BPJS Kesehatan, sehingga input data tidak terbaca oleh sistem pembayaran,” tutur Dewi Aryani.

Sementara Tenaga Ahli yang mendampingi Dewi Aryani selama sosialisasi, Angelia Diaeka Jenneri Ria mengatakan pada Reses masa persidangan IV tahun sidang 2018-2019, sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan juga akan dilaksanakan di Gedung Mekar Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes.

“Ibu Dewi Aryani akan terus berkeliling ke setiap kecamatan di Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX, sampai dengan masa reses berakhir pada awal bulan Mei 2019 mendatang,” jelas Angelia Diaeka yang akrab disapa Erin.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita