Minggu, 31/03/2019, 14:53:15
Agrowisata Bukit Sege Indah Resmi Dibuka
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pintu gerbang agrowisata Bukit Sege Indah nampak megah dan resmi dibuka untuk umum (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Agrowisata Bukit Sege Indah (BSI) yang ada di Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, abupaten Brebes, Jawa Tengah, resmi dibuka pada Minggu 31 Maret 2019. Pembukaan dilakukan oleh Plt Sekda Djoko Gunawan mewakili Bupati Brebes Hj Idza Priyanti yang berhalangan hadir.

BSI merupakan agrowisata yang memberikan suguhan menarik, terutama penyuka buah durian. Terletak di jalan utma desa di Dukuh Sidamukti, BSI menawarkan durian berjenis montong dan lokal berbagai ukuran.

"Konsepnya adalah wisata pertanian. Pengunjung dapat menikmati buah durian yang telah kami tanam di area kebun seluas 19 hektare," kata Kepala Desa Adisana Komarudin.

Kebun durian seluas 19 hektar tersebut letaknya hampir mengelilingi lokasi BSI. Adapun untuk menjangkau pohon durian yang berbuah, pengunjung dapat menyusuri kebun yang cukup lebat.

BSI sendiri berdiri di area milik desa dan dibuka secara resmi bagi masyarakat umum. Untuk mengunjungi lokasi pengunjung tidak dikenakan tarif masuk. Pengunjung hanya perlu menukar uang dengan koin di loket penukaran yang terletak di depan pintu masuk.

Nominal koin yang tersedia mulai dari Rp 2.500- Rp 10.000. Khusus untuk harga durian, pengelola mamatok harga per buahnya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Agrowisata yang dikelola oleh BUMDes tersebut, memiliki 672 pohon durian ukuran dewasa. Seluruh bibitnya merupakan bantuan dari Kemendagri.

"Pertamakali kita mulai menanam sekitar 6 tahun silam. Tahun 2012, setelah ada bantuan dari Kemendagri," jelas Komarudin.

Selain fasilitas memetik langsung di kebun durian, BSI juga menyediakan spot swafoto dan warung makan yang ada di beberapa titik.

"Di warung makan, kita sediakan makanan tradisional seperti jamu, cimplung singkong hingga cimplung pare," kata Komarudin.

Khusus spot swafoto, pengelola membangun besi berbentuk hati. Letaknya tepat di pintu masuk utama untuk menarik pengunjung dari kalangan muda.

Ada juga spot swafoto dengan latar bermacam gambar di sisi utara halaman utama.

Komarudin menyebut, butuh sekitar satu bulan untuk membangun seluruh fasilitas yang ada di BSI.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita