Rabu, 13/03/2019, 16:21:22
Panwascam Ajak Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

sosialisasi pengawas partisipatif Pemilu 2019 di salah satu Rumah Makan di jalan lingkar Bumiay (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah, menggelar sosialisasi pengawas partisipatif Pemilu 2019 di salah satu Rumah Makan di jalan lingkar Bumiayu, Rabu 13 Maret 2019.

Kegiatan yang bertajuk tentang upaya mencegah berita hoax dan ujaran kebencian dalam rangka mewujudkan pemilu 2019 yang aman dan damai itu, diikuti para pemilih pemula yang terdiri dari pelajar dan remaja masjid di Bumiayu.

Sosialisasi menghadirkan nara sumber dari Polsek Bumiayu, Kecamatan Bumiayu dan dari Panwascam sendiri. Sosialisasi dikemas dengan pemaparan dan tanya jawab berlangsung hampir tiga jam.

"Kegiatan ini sebagai sosialisasi dan pembekalan pada masyarakat agar ikut serta dalam pengawasan secara partisipatif pada kegiatan Pemilu," ujar Ketua Panwascam Bumiayu, Gatot Sugih Wibowo.

Menurut Gatot, kegiatan dimaksudkan untuk mensosialisasikan tentang pengawasan partisipatif oleh masyarakat. Pengawasan tersebut penting guna mencegah terjadinya politik pragmatis dan transaksional.

"Memberikan pemahaman pada peserta, minimal mereka bisa menolak untuk dirinya sendiri dari politik pragmatis dan transaksional itu," katanya.

Pada kesempatan itu, peserta juga diajak untuk bersama melakukan upaya menangkal tersebarnya berita bohong atao Hoax. Pasalnya, Hoax itu dapat menyesatkan juga akan berdampak hukum bagi pembuat dan penyebarnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita