Selasa, 19/02/2019, 06:19:33
OJK Gandeng Pemkab Optimalkan BUMDes
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

OJK Tegal bersama Pemkab Pemalang selenggarakan workshop Optimalkan BUMDes (Foto: Humas OJK)

PanturaNews (Pemalang) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pmkab) Pemalang, Jawa Tengah, untuk optimalkan potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di 211 Desa yang berada dalam cakupan wilayah Kabupaten Pemalang.

Dibuka dengan sosialisasi dan workshop terkait prinsip dan skema bisnis BUMDes, Senin 18 Februari 2019, OJK Tegal juga melakukan fasilitasi penguatan jejaring bisnis BUMDes se- Kabupaten Pemalang dengan berbagai BUMN dan perusahaan swasta.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pedesaan yang inklusif dan berkelanjutan, OJK berkomitmen untuk memperluas akses keuangan masyarakat desa melalui penguatan BUMDes, Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADes), dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster.

Program perluasan akses keuangan masyarakat desa ini telah dimulai sejak 2018 lalu. Setidaknya tercatat 1.702 Desa yang tersebar di 45 Kabupaten dan 8 Provinsi telah mendapatkan fasilitasi penguatan jejaring bisnis BUMDes oleh OJK.

Analis Eksekutif Senior Strategic Committee OJK, Eko Ariantoro memaparkan dalam diskusi panel, bahwa OJK berkomitmen untuk mendorong penguatan potensi BUMDes sebagai penyokong ekonomi pedesaan dengan strategi tiga pilar.

"Pilar pertama adalah kelembagaan dan bisnis," katanya.

BUMDes yang telah memiliki legalitas badan hukum didorong mendirikan unit usaha berbasis potensi desa melalui fasilitasi business matching agar mampu menjadi penggerak ekonomi desa.

Pilar kedua adalah akses keuangan. OJK berharap agar optimalisasi aktivitas ekonomi masyarakat desa dapat dilakukan melalui ketersediaan akses keuangan di BUMDes. Pilar ketiga adalah digitalisasi.

"Selain berperan sebagai offtaker terhadap hasil produksi masyarakat desa, BUMDes juga harus memfasilitasi masyarakat desa untuk mengakses pasar melalui platform market place yang sedang dikembangkan oleh OJK," terang Eko.

Kegiatan sosialisasi dan workshop yang dilakukan di Pemalang ini untuk memberikan perspektif bagi pengurus BUMDes dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan bisnis sehingga mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala Bidang Pemebrdayaan Ekonomi, Kerjasama Desa, dan Kelembagaan Masyarakat, Dinas PMD Kabupaten Pemalang, Triyatno Yuliharso SIP, MP, mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan OJK.

“Kami ucapkan terima kasih atas komitmen OJK untuk memberikan penguatan dan memfasilitasi proses bisnis pada 214 BUMDes dan 14 BUMADes di Kabupaten Pemalang,” ungkap Triyatno dalam sambutannya.

Rangkaian acara ditutup dengan fasilitasi business matching antara Kepala Desa dan pengurus BUMDes yang hadir dengan beberapa BUMN dan pihak swasta, seperti Bank BNI, Perum Bulog, PT Telekomunikasi Desa Indonesia, dan Mr. Montir Bengkel Desa. Salah satu peserta, Sutarno, Direktur BUMDes Maju Makmur, Desa Gombong, Kecamatan Belik, berharap OJK dapat mendukung penguatan BUMDes di Pemalang.

"Mohon dekatkan pelayanan perbankan dan kemudahan akses permodalan serta pendampingan pemasaran digital produk unggulan kami," harapnya.

Kedepannya, diharapkan BUMDes mampu menyerap produk UMKM masyarakat desa. Selanjutnya produk tersebut bisa dipasarkan kembali untuk memenuhi kebutuhan yang lebih besar dengan skala usaha yang lebih luas baik lokal, nasional, maupun internasional melalui jaringan BUMDes Center di seluruh Indonesia yang difasilitasi oleh OJK.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita