Senin, 11/02/2019, 18:28:55
KPU Gelar Rakor Penyusuan DPTb dan DPK
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

KPU rakor dengan PPS dalam rangka penyusunan DPTb dan DPK (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka penyusunan Dartar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) di Hotel Anggraeni Bumiayu, Senin 11 Februari 2019.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi mengatakan, rakor dilakukan untuk pembekalan pada PPS dalam melakukan pendataan tentang siapa yang masuk dan keluar dalam DPTb atau dalam DPK. Dari penyusunan DPTb dan DPK nantinya juga untuk menetukan jumlah surat suara yang diperlukan.

"Sehingga nantinya tidak akan terjadi kekurangan surat suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

Menurutnya, penyusunan DPTb dan DPK saat ini untuk tahap pertama yang akan berkhir pada tanggal 17 Februari mendatang atau H - 60 dari pemungutan suara. Selanjutnya akan ada tahap kedua pada H - 30 dari waktu pemungutan suara.

"Ini tahap pertama nanti akan ada tahapan berikutnya untuk penyusunak DPTb dan DPK," kata Riza.

Dikatakan, dalam proses penyusunan DPTb dan DPK harus berdasarkan tahapan serta mekanisme yang telah ditetapkan oleh KPU.

"Untuk itu, Penyamaan persepsi terkait penyusunan DPTb serta DPK pada Pemilu Tahun 2019 ini penting untuk dilaksanakan, sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar," kata Riza.

Ditambahkan, masyarakat diharapkan juga mengerti tentang aturan Pemilu sehingga dapat menggunakan haknya secara benar dalam pemungutan suara nanti.

"Masyarakat juga perlu tahu bagaimana jika akan menggunakan haknya dalam pemungutan suara di tempat lain atau karena pindah domisli serta lainnya," tutur Riza.

Kegiatan rakor KPU diikuti oleh PPS dan PPK di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan.

Masih menurut Riza, dalam upaya mensukseskan pelakanaan Pemilu 2019 KPU Brebes akan melakukan serangkaian sosialisasi yang mengjakau semua kalangan. Diantaranya program Go to School, Go to Campus dan Go to Community.

"Untuk sosialisasi kita masuk dan menyasar semua kalangan, seperti sekolah-sekolah, kampus dan juga komunitas atau kelompok masyarakat," tandas Riza.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita