Kamis, 07/02/2019, 12:42:42
Bupati: Kader Posyandu Bantu Turunkan AKI
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bupati Brebes secara simbolis serahkan bantuan transport pada Kader Posyandu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti SE MH memberikan apresiasi kepada para Kader Posyandu yang telah berperan besar dalam membantu pemerintah dalam program kesehatan. Hal itu disampaikan saat memberikan Sosialisasi Program Kesehatan pada Kader Posyandu dan Dukun Bayi di Kecamatan Bumiayu, Kamis 07 Februari 2019.

"Berkat bantuan dan peran sera para Kader Posyandu program pemerintah di bidang kesehatan dapat terlaksana," UI ujarnya saat mengawali kata sambutannya.

Atas peran dan bantuan Kader Posyandu, Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan pada tahun 2018 dapat ditekan dan hanya 30 kasus saja. Padahal tahun sebelumnya mencapai 50 kasus, jadi ada penurunan yang cukup banyak.

"Penurunan angka kematian ibu saat melahirkan tersebut tentu berkat peran Kader Posyandu yang selalu mengawal para ibu yang hamil," kata Idza yang disambut tepuk tangan para peserta yang hadir.

Bupati berharap peran Kader Posyandu tersebut terus ditingkatkan lagi, mengingat masih banyaknya program pemerintah di bidang kesehatan yang harus disukseskan. Seperti upaya mencegah Stunting atau kekerdilan yang angkanya masih cukup tinggi.

"Melalui sosialisasi yang terus menerus oleh para Kader Posyandu agar para ibu memberikan ASI eksklusif pada bayinya Stunting bisa dicegah," kata Idza.

Juga program Keluarga Berencana (KB) atau upaya menekan pertumbuhan penduduk yang terlalu tinggi. Program KB juga akan sangat efektif dengan penjelasan secara langsung kepada masyarakat dan itu biasanya dilakukan oleh para Kader Posyandu.

"Pokoknya banyak dan besar sekali peran Kader Posyandu ini," tutur Idza.

Para Kader Posyandu juga diharapkan ikut membantu mensosialisasikan masalah pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Saat ini sedang banyak penderita penyakit Demam Berdarah (DB) yang ditularkan oleh nyamuk.

Di antara penyebab menyebarnya wabah penyakit demam berdarah karena kondisi lingkungan yang kurang terawat. Karenanya masyarakat agar rajin membersihkan lingkungan, jangan membiarkan air tergenang yang dapat menjadi sarang nyamuk.

"Juga lingkungan selalu dijaga kebersihannya, maka para Kader Posyandu ini bisa menjadi pelopor dalam menjaga kebersihan lingkungan. Warga diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan," kata Idza.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis Bupati Brebes menyerahkan bantuan transport untuk para Kader Posyandu. Hadir bersama rombongan Bupati Brebes, Plt Dinas Kesehatan Dr Sri Gunadi Parwoko, Kabid Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak DP3KB Brebes, Rini Pujiastuti, dan lainnya. Selain di Bumiayu, sebelumnya Bupati Brebes juga melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Bantarkawung.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita