Senin, 04/02/2019, 21:13:18
Soal Lahan, IKASMA Minta Walikota Surati PT KAI
LAPORAN JOHARI

IKASMA audiensi dengan DPRD Kota Tegal. (FT: Johari)

PanturaNews (Tegal) – Tak patah arang dan tetap semangat  Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tegal (Ikasma) untuk memperjuangkan eksistensi gedung SMA Negeri 1 Tegal. Kali ini audiensi dengan Walikota Tegal yang diwakilkan Asisten 1 Bagian Pemerintahan Setda Kota Tegal dan Komisi 1 DPRD Kota Tegal, Senin 04 Februari 2019. Sebelumnya Ikasma juga audensi dengan Direksi PT KAI, Gubernur Jawa Tengah dan DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Ikasma Tafakurrozak mendorong agar Pemkot Tegal segera menyurati PT KAI untuk pemanfaatan lahan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih lagi SMA Negeri 1 Tegal merupakan ikon bagi Kota Tegal.

"SMA Negeri 1 Tegal memiliki nilai historis bagi kami dan bahkan warga Kota Tegal. Jangan dipandang sebelah mata untuk (surat) pemanfaatan lahan ini," tegas Rozak.

Beberapa waktu lalu, kata Rozak, Pemprov Jateng dalam hal ini Gubernur Ganjar Pranowo  telah menyuratai PT KAI soal lahan SMA Negeri 1. Bahkan dalam pertemuan dengan Ikasma, Ganjar mengatakan akan pasang badan untuk mempertahankan keberadaan SMA Negeri 1 Tegal. "Kami minta pengawalan juga dari pemkot untuk bisa menjaga aset," tuturnya.

Rozak khawatir jika tidak segera dilakukan, investor akan tertarik dan menghubungi dengan PT KAI terkait lahan tersebut.

"Gubernur langsung menyurati Direksi PT KAI untuk pemanfaatan lahan. Saya harap pemkot juga melakukan hal sama. Kita harus pagari. Khawatir ada (investor) yang tertarik," imbuhnya.

Ikasma, menurutnya, hanya mendorong langkah ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa memiliki bukan sebagai tergugat.

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Asisten 1 Pemerintahan Kota Tegal Imam Badarudin berterimakasih atas segala upaya dari Ikasma. "Kita akan membicarakan dulu, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya dengan PT KAI, membuat pemkot harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Terlebih masih ada celah hukum dalam kasus ini menuju PK,"ujarnya

Usai audiensi dengan Aisten 1, Ikasma juga mendatangi DPRD Kota Tegal. Kedatangan Ikasma diterima langsung oleh Ketua DPRD Kota Tegal H Edy Suripno beserta Ketua dan anggota Komisi 1 DPRD.

Hasilnya kedua pihak akan bersama-sama dengan Ikasma memperjuangkan agar SMA N 1 tetap berada di lokasi sekarang dan akan mendorong Pemkot Tegal untuk segera menyerahkan secara keseluruhan aset SMA Negeri 1 kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sesuai ketentuan yang ada.

Selain itu, Ketua DPRD mengatakan kepada orang tua siswa, untuk tidak resah."Kita akan melakulan upaya ke Kementerian BUMN,"pungkasnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita