Rabu, 23/01/2019, 17:30:44
Tebing Sungai Erang Longsor, Ancam Toko
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tebing sungai Erang di jalan Diponegoro Kecamatan BUmiayu longsor di sisi barat jembatan sebaelah selatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Tebing Sungai Erang di Dukuh Kampung Baru RT 01 RW 04 Desa Kalerang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, longsor dan mengancam keselamatan bangunan toko busana.

Tebing yang longsor berada di sisi barat jembatan Sungai Erang di jalan Diponegoro Kota Kecamatan Bumiayu. Selain mengancam keselamatan bangunan toko busana, dikhawatirkan pula dapat mengancam jembatan Sungai Erang tersebut.

Camat Bumiayu, Drs Apriyanto Sudarmoko membenarkan adanya tebing Sungai Keruh tersebut. Menurutnya tebing sungai longsor akibat gerusan arus sungai menyusul sering terjadi hujan deras di wilayah Bumiayu. "Tergerus arus sungai yang deras saat turun hujan," katanya, Rabu 23 Januari 2019.

Dikatakan, berdasarkan laporan dari Pemerintah Desa Kalierang, tebing sungai longsor pada Senin 21 Januari 2019 lalu setelah terjadi hujan lebat. Talud longosr sepanjang 15 meter dengan ketinggian sekitar lima meter. Ketebalan bagian yang longsor sekitar satu meter.

"Dikhawatirkan juga akan terjadi longsor susulan jika turun hujan deras dan dapat mengancam keselamatan bangunan toko," ungkap Apriyanto.

Peristiwa longsor tersebut telah dilaporkan ke Pemkab Brebes melalui dinas terkait. Diharapkan segera ada penanganan karena kondisinya mengkhawatirkan, bahkan dapat mengancam keselamatan bangunan di sekitarnya.

"Sudah dilaporkan sambil menunggu tindak lanjutya untuk penanganannya," tandas Apriyanto.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita