Selasa, 22/01/2019, 16:18:49
BPBD akan Pasang Jembatan Belly di Plompong
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kondisi jembatan Plompong yang ambruk, nampak aubdment jembatan ambrol dan landasan jembatan ambruk (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan memasang jembatan belly di lokasi jembatan Plompong yang ambruk diterjang arus deras sungai, Senin 21 Januari 2019 kemarin.

"Kita akan upayakan untuk dapat dipasang jembatan belly untuk penanganan darurat di jembatan Plompong ini," ujar Kepala BPBD Brebes, Nusy Mansur saat meninjau ke lokasi jembatan Plompong yang ambruk, Selasa 22 Januari 2019.

Menurutnya, untuk penanganan jembatan Plompong yang melintang di atas Sungai Keruh tersebut perlu dilakukan sesuai prosedur. Perlu ada pernyataan bencana dari Bupati Brebes dan penghitungan kerusakan serta kebutuhannya.

"Untuk penangan perlu prosedur terlebih dahulu, seperti menghitung krusakan dan kebutuhan serta penyataan bencana alam dari Bupati," kata Nusy.

Dikatakan, untuk pihaknya akan berkordinasi dengan BPBD Provinsi untuk dapat menggunakan jembatan belly di jembatan Plompong yang ambruk. Diketahui saat ini ada jembatan belly milik Provinsi Jawa Tengah yang ada di Kecamatan Salem untuk diupayakan digunakan di Plompong.

"Jembatan Salem saat ini sudah jadi, jembatan belly yang semula digunakan diupayakan bisa dipasang di Plompong," ungkap Nusy.

Selain itu, BPBD akan mendorong Dinas PU untuk dapat melaksanakan pembangunan jembatan permanen baru yang sebelumnya tertunda. Untuk pelaksanaan perbaikan dapat disuport dengan belanja tak terduga.

"Perbaikan abudmen untuk jembatan permanen dan lainnya harus segera karena ini sangat dibutuhkan oleh warga," tutur Nusy.

Sementara itu Kepala Dinas PU Kabupaten Brebes H Satibi yang juga meninjau ke lokasi mengatakan, tahun ini akan segera melanjutkan pembangunan jembatan Plompong yang permanen yang sebelumya sempat terhenti. Putusnya jembatan lama dan mengakibatkan kesulitan bagi ribuan warga Plompong mendorong Pemkab Brebes untuk segera melakukan solusi dengan menyegerakan pembangunan jembatan baru.

"Pembanguna jembatan baru diperlukan anggaran sebesar Rp 9 milyar, namun kemampuan Pemkab Brebes menyediakan sebesar Rp 7 milyar, sehingga akan diupayakan solusi secepatnya," katanya.

Perlu diketahui, jembatan Plompong yang melintang di atas Sungai Keruh sepanjang 90 meter ambruk setelah abudment jembatan ambrol diterjang arus deras sungai, pada Senin 21 Januari 2019 sekira pukul 17.00 WIB.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita