Kamis, 17/01/2019, 06:44:38
Prakosa Ajak Masyarakat Hayati 4 Pilar Kebangsaan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Anggota DPR/MPR-RI, Dr Ir Muhammad Prakosa PhDn, sosialisasi Empat Pilar di Tegal (Foto: Dok.Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Anggota DPR/MPR RI, Dr Ir Muhammad Prakosa Ph Dn menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Rumah Aspirasi Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu 16 Januari 2019.

Acara ini dihadiri oleh ratusan warga yang terdiri dari tokoh masyarakat dan juga generasi muda di Kecamatan Tonjong dan lainnya. Peserta cukup antusias menyimak paparan anggota DPR RI Komisi XI itu.

Prakosa memiliki harapan yang besar agar masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi ini dapat bersama-sama memiliki kemauan untuk menghayati dan mengamalkan serta selanjutnya menyebarkan kepada keluarga juga lingkungan masing-masing. 

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat dan memperdalam pemahaman kita sebagai bangsa," katanya saat mengawali penyampaian.

Menurut anggota DPR/MPR dari Dapil IX Jateng (Brebes, Tegal dan Kota Tegal), betapa pentingnya nilai-nilai yang terkandung di dalam empat pilar tersebut, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga harus lebih dipahami dan diimplementasikan secara baik dan benar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sehingga pada akhirnya akan terbentuk karakter kepribadian yang luhur serta memiliki kekuatan dan wawasan kebangsaan yang utuh," ujarnya dalam siaran pers.

MPR RI terus melakukan sosialisasi  untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap ideologi bangsa sehingga bisa terus diamalkan secara nyata dan menjadi pegangan teguh masyarakat Indonesia seutuhnya.

Prakosa menambahkan, bahwa dalam konteks kemajemukan bangsa Indonesia, negara dan bangsa Indonesia adalah negara yang besar. Wilayahnya seluas daratan Eropa yang terdiri atas berpuluh negara. Membentang dari barat ke timur dari Sabang sampai Merauke. Dari utara ke selatan dari pulau Miangas sampai pulau Rote.

“Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17 000 pulau lebih, terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki beraneka adat dan budaya, terdapat banyak bahasa, serta memeluk berbagai agama dan keyakinan, maka belief system yang dijadikan pilar harus sesuai dengan kondisi negara bangsa,” terang Prakosa anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia menegaskan bahwa empat pilar kebangsaan inilah yang mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia.

“Untuk itu,semua elemen bangsa dan terutama generasi muda sekaligus penerus tampuk kepemimpinan bangsa, diharapkan selalu menggali nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara, agar cita-cita masa depan bangsa Indonesia dapat lebih baik,” tandas Prakosa.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita