Selasa, 08/01/2019, 15:10:44
Wabub Brebes Bersama TNI dan Petani Tanam Padi MSP
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Wakil Bupati Brebes, Narjo (kaos biru) melakukan tanam padi bersama petani (Foto: Humas)

PanturaNews (Brebes) - Wakil Bupati Brebes Jawa Tengah, Narjo SH MH besama TNI dan warga petani, pada Selasa 08 Januari 2019 ramai ramai melakukan tandur (tanam) padi jenis Mari Sejahterakan Petani (MSP) dengan sistim jejer legowo.

Acara yang digagas Kelompok Tani Sukses Desa Tanjungsari berlangsung di lahan seluas setengah hektar di Dukuh Sigedeg Desa Tanjungsari Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Turut melakukan penanaman padi Danramil Kecamatan Wanasari Kapten Inf Turiman, Sekretaris Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan Kabupaten Brebes Slamet HD serta Tamu Undangan.

Narjo mengaku biasa bercocok tanam dan terjun langsung ke sawah. Dia menyambut baik adanya kegiatan semacam ini dengan melibatkan TNI dan stakholder lain di dunia pertanian.

“Tandur bareng, akan menambah semangat masyarakat petani dalam menjalankan profesinya. Diharapkan, percepatan program pemerintah dalam peningkatan swasembada pangan dapat tercapai,” tutur Narjo.

Narjo menambahkan, Padi jenis MSP merupakan padi jenis unggul hasil penemuan Surono Danu yang sudah banyak ditanam petani Brebes di beberapa tempat. Diantaranya di Bumiayu, Losari dan Banjarharjo dengan hasil yang sangat memuaskan.

Sementara Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Slamet HD menuturkan, banyak hal yang mempengaruhi proses meningkatnya produksi padi. Mulai dari penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat, pengendalian hama penyakit, dan sistem tanam yang tepat.

“Dengan Sistem tanam jejer legowo, hasil tanam bisa meningkat dan berkualitas tinggi,” ungkapnya.

Danramil Wanasari Kapten Infantri Turiman mengatakan TNI akan selalu siap bersinergi dengan masyarakat petani dalam upaya mendukung program pemerintah peningkatan swasembada pangan.

“Dengan swasembada pangan sukses, maka pangan tercukupi, masyarakatnya sehat dan Negara menjadi lebih kuat,” tandasnya. (Humas)




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita