Kamis, 03/01/2019, 06:50:27
Tahun Baru, Pelajar NU Ziarahi Makam Wali
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pelajar NU Ketanggungan melakukan ziarah ke makam Wali untuk mengisi liburan (Foto: Dok. Pan ZW)

PanturaNews (Brebes) - Berbeda dengan yang lain saat mengisi liburan tahun baru, ratusan pelajar NU Ketanggungan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengisinya dengan melakukan ziarah ke makam para Wali. Mereka berdzikir di hadapan makam para Wali penyebar agama Islam itu, di saat pergantian tahun 2018 ke 2019.

"Kami berdoa dan memanjatkan syukur kehadirat Allah SWT di hadapan makam para Wali. Semoga keberkahan dan kesuksesan selalu menyertai kita," tutur Ketua Panitia Ziarah PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan Muhammad Mansyur usai perjalanan, Rabu 02 Januari 2019.

Mansyur menjelaskan, ada lima wali yang diziarahi yakni Makam Mbah Syekh KH Ahmad Badlawi-Ketanggungan, Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunungjati-Cirebon, Raden Fatah-Demak, Sunan Kalijaga-Kadilanggu-Demak, Sunan Kudus-Masjid Agung Kudus, Sunan Muria-Colo-Kudus berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang.

“Kita siapkan 2 Bus, 1 Bus untuk IPNU dan satu Bus untuk IPPNU. Seluruh peserta mendapatkan Seragam Batik IPNU-IPPNU dari Panitia untuk menjaga Kekompakan," ujarnya.

Ketua PAC IPNU Ketanggungan Akbar Wibawa menambahkan, ziarah ke lima Wali itu diadakan untuk lebih meningkatkan penghargaan kepada para Wali agar bisa diambil suri tauladan dari mereka.

Sekaligus pula untuk refreshing bagi anggota IPNU-IPPNU yang telah menghadapi berbagai rentetan Makesta Zona Barat, Diklatama Angkatan III, Makesta Zona Selatan, dan kegiatan rutin lainnya.

“Kami mengajak Rekan-Rekanita untuk Tabarukan dengan Para Waliyullah, sekaligus refreshing libur tahun baru," ungkapnya.

Salah seorang peserta Ikhsan Syafa'at mengaku dirinya mendapatkan tambahan pengetahunan dan pengalaman setelah mengikuti ziarah. Menurutnya ada pengalaman baru dengan mengunjungi makam atau berziarah ke Para Wali. Sehingga bisa meneladani perjuangan para pejuang penyebar agama Islam.

Liburan tahun baru yang biasanya diisi hura-hura anak muda serta kegiatan trek-trekan atau konvoi motor di jalanan, tapi ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita