Jumat, 28/12/2018, 16:05:43
Kejaksaan Brebes Ajukan Kasasi Kasus Korupsi Tandi
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes, dipastikan mengajukan kasasi atas kasus korupsi penyalahgunaan bantuan alat berat di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Brebes. Kasus ini sudah divonis 2,6 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Kepastian pengajuan kasasi itu, ditegaskan Kepala Kejari Brebes, Transiswara Adhi melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Arie Chandra Dinata Noor, Jumat 28 Desember 2018.

Upaya hukum itu ditempuh menyusul terbitnya putusan banding dari Pengadilan Tinggi Semarang. Putusan itu dikeluarkan Pengadilan Tinggi Semarang atas permohonan banding yang diajukan terdakwa. Yakni, dalam putusan bernomor 21/Pid.Sus.TPK/2018/ PT Smg tanggal 5 Desember 2018.

"Insya Allah, kami tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Brebes akan mengajukan kasasi atas putusan banding ini. Berkas pengajuan kasasi sekarang sedang kami susun, dan dalam waktu dekat akan diajukan," kata Arie.

Menurut Arie, JPU telah menerima berkas putusan banding dari Pengadilan Tinggi Semarang satu minggu lalu. Dimana dalam putusannya, Pengadilan Tinggi Semarang menerima permohonan banding baik dari terdakwa maupun JPU.

Kedua, membatalkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang nomor 51/Pid.Sus-TPK/2018/PN Smg tanggal 17 September 2018.

Kemudian, dalam putusannya juga menyatakan perbuatan yang didakwakan kepada terdakwa terbukti, tetapi perbuatan itu bukan merupakan suatu tindak pidana. Atas putusan itu, jika mengacu pada kitab undang-undang hukum acara pidana, baik terdakwa maupun JPU terhadap putusan banding diberi kesempatan selama 14 hari, untuk menyatakan sikap atas putusan banding tersebut.

"Sikap kami, dalam jangka waktu dekat JPU akan menyatakan kasasi pada Pengadilan Tinggi Semarang atas putusan banding kasus ini," pungkas Arie.

Diberitakan sebelumnya, Pengadilan Tinggi Semarang, menerima permohonan banding yang diajukan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Tandi APi yang sudah divonis 2,6 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Hal itu diketahui beradasarkan putusan bernomor 21/Pid.Sus.TPK/2018/ PT Smg tanggal 5 Desember 2018, atas nama terdakwa Tandi APi bin Casmin disebutkan, bahwa Pengadilan Tinggi Semarang menerima permohonan banding dari terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kemudian membatalkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang nomor 51/Pid.Sus-TPK/2018/PN Smg tanggal 17 September 2018 yang dimintakan banding. Selanjutnya, menyatakan perbuatan yang didakwakan kepada terdakwa terbukti, tetapi perbuatan itu bukan merupakan suatu tindak pidana.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita