Jumat, 28/12/2018, 01:02:03
Terjerat Kasus, Banding Kepala DKP Brebes Diterima
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Pengadilan Tinggi Semarang, Jawa Tengah, menerima permohonan banding yang diajukan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Tandi APi yang sudah divonis 2,6 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Hal itu diketahui beradasarkan putusan bernomor 21/Pid.Sus.TPK/2018/ PT Smg tanggal 5 Desember 2018, atas nama terdakwa Tandi APi bin Casmin disebutkan, bahwa Pengadilan Tinggi Semarang menerima permohonan banding dari terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kemudian membatalkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang nomor 51/Pid.Sus-TPK/2018/PN Smg tanggal 17 September 2018 yang dimintakan banding. Selanjutnya, menyatakan perbuatan yang didakwakan kepada terdakwa terbukti, tetapi perbuatan itu bukan merupakan suatu tindak pidana.

Selain itu melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum. Serta memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, dan harkat serta martabatnya, dan membebaskan terdakwa tersebut dari tahanan.

Sebagaimana diketahui, pada putusan Pengadilan Tipikor Semarang sebelumnya, bernomor 51/Pid.Sus-TPK/2018/ PN, terdakwa divonis bersalah dan dihukum 2,6 tahun penjara. Putusan itu lebih rendah dibanding tuntutan JPU, yank 3,6 tahun penjara.

Adapun terdakwa terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi, penyalahgunaan dan pemanfaatan bantuan alat berat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Emastoni Ezam saat dikonformasi terkait putusan banding tersebut, mengatakan bahwa Pemkab Brebes saat ini masih menunggu adanya inkrah.

"Jika Kejaksaan Negeri (Kejari) selaku JPU tidak mengajukan kasasi ke Makamah Agung, maka Pemkab Brebes akan segera melaksanakan amar putusan tersebut. Tapi jika Kejari mengajukan Kasasi, maka Pemkab Brebes akan menunggu hasil kasasinya," ujar Emastoni Ezam, Kamis 27 Desember 2018.

Menurut Emastoni, atas kasus tersebut status Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jabatannya sebagai Kadin Kelautan dan Perikanan Pemkab Brebes, diberhentikan sementara.

"Terkait putusan ini, saya juga sudah perintahkan Badan Kepegawaian Daerah untuk segera berkoordinasi dengan Kejaksaan," terangnya.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita