Minggu, 09/12/2018, 17:43:56
Warga Pasang Bronjong Cegah Tanah Longsor
LAPORAN ADANG PURNOMO

Masyarakat Desa Cening bersama-sama unsur Pokja Destana dan BPBD Kendal, tengah bergotong-royong melakukan pemasangan bronjong. ( Foto: Adang Purnomo)

PanturaNews (Kendal) - Warga Desa Cening Kecamatan Singorojo dan Kelompok Kerja Desa Tangguh Bencana (Pokja Destana) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, Minggu 9 Desember 2018, melaksanakan Kegiatan pemasangan bronjong untuk mengurangi dampak bencana alam khususnya akibat erosi dan bencana tanah longsor.

Pemasangan bronjong dilakukan pada senderen jalan yang menghubungkan Desa Cening dengan Desa Kedung Boto setinggi 1 meter dengan panjang 20 meter, yang mengalami longsor akibat erosi. Pemasangan dilakukan secara gotong- royong dan disengkuyung oleh 30 Pokja Destana, 70 orang warga Desa Cening dan unsur dari BPBD Kendal.

Sekretaris BPBD Kendal Saifur Rochman ST, yang didampingi oleh beberapa orang staf dan anggota Satgas Penanggulangan Bencana, juga ikut terjun langsung di lokasi bahu-membahu bersama masyarakat dalam kerja bhakti.

Kades Desa Cening Sayuti, menyampaikan terimakasihnya atas perhatian dan peran aktif jajaran BPBD Kendal untuk membantu masyarakat Desa Cening.

"Pemasangan bronjong pada senderan jalan yang sudah tergerus erosi, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya erosi yang lebih parah, apalagi saat ini curah hujan sudah semakin tinggi. Sekali lagi saya sampaikan banyak terimakasih kepada BPBD Kendal atas semua yang sudah dilakukan untuk Desa Cening ", kata Sayuti.

Sayuti menambahkan, selain pamasangan bronjong, dia juga mengharapkan adanya penanaman tanaman pelindung sehingga bisa menahan atau menghambat terjadinya erosi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kendal mengatakan bahwa pemasangan bronjong di Di Dusun Cening Lor Desa Cening Kecamatan Singorojo merupakan bagian dari program Pengembangan Desa Tangguh Bencana Tahun 2018.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita