Rabu, 05/12/2018, 16:18:16
Bupati Ingatkan Penggunaan DD Agar Tepat Sasaran
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat memberi arahan pada kegiatan Fasilitasi Pengembangan DD di Paguyangan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti SE MH mengingatkan agar penggunaan Dana Desa (DD) tepat sasaran, terutama untuk memenuhi pelayanan dasar masyarakat yaitu pendidikan.

“Fokus dalam bidang pendidikan yaitu Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang telah membantu pemerintah dalam menangani anak putus sekolah di Kabupaten Brebes,” katanya saat memberikan arahan pada kegiatan Fasilitasi Pengembangan Dana Desa di Kecamatan Paguyangan, Rabu 05 Desember 2018.

Menurutnya, penggunaan DD juga harus merata untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti kesehatan dan tak ketinggalan pembangunan perekonomian serta infrstruktur yang mendukung kemajuan desa.

“Di antaranya pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Jambanisasi, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan lainya. Supaya alokasi dana desa digunakan untuk pembangunan dan pelayanan sosial dasar masyarakat sebaik mungkin. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terang Idza pada kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan setempat dan diikuti para Kepala Desa dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Paguyangan.

Untuk itu Idza meminta, adanya kerjasama yang baik dari kepala desa, perangkat desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk dapat merencanakan program-program desa dengan baik.

Ditambahkan, bahwa alokasi DD di Kabupaten Brebes mengalami kenaikan pada 2019 hingga Rp 440 miliar. Jumlah itu meningkat Rp 97 miliar dari dana desa 2018 yang mencapai Rp 343 miliar.

Oleh sebab itu, Idza memerintahkan untuk melakukan evaluasi agar diketahui sejauh mana pencapaian dalam penyerapan DD di tahun 2018.

Plt Camat Paguyangan, Eko Purwanto SP MSi melaporkan, di Kecamatan Paguyangan teridiri 12 desa dengan jumlah alokasi DD setiap tahunnya selalu bertambah. Untuk tahun 2018 ini sebesar Rp 17 Milyar dan pada tahun 2019 mendatang juga akan akan naik menjadi Rp 22 Milyar lebih.

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Dana Desa dimaksudkan sebagai pemantapan perencanaan pembangunan desa tahun 2019 untuk pembangunan dan pelayanan sosial dasar masyarakat dari DD tahun 2019. Selain di Kecamatan Paguyangan, Bupati secara maraton juga menghadiri kegiatan serupa di Kecamatan Bantarkawung dan Bumiayu.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita