Selasa, 27/11/2018, 17:16:21
Sanggar Suwung Bumiayu Gelar Pameran
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Diding Setiadi membuat goresan kanvas saat membuka pameran seni di Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Ratusan karya seni para seniman ditampilkan pada Pameran Seni Rupa dan Seminar yang digelar oleh Sanggar Suwung di Pendopo 2 Gedung Eks Kawedanan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa, 27 November 2018.

Pameran selama dua hari dengan mengusung tema Mencintai Seni Budaya Sama dengan Memperkokoh Identitas Kebangsaan itu bertujuan untuk mengenalkan kembali identitas bangsa.

"Pameran ini untuk mengenalkan kembali identitas bangsa. Keberagaman dengan kebhinekaan yang bangsa dengan seni," kata panitia kegiatan, Agep Haris Zulfikar.

Menurut Agep, pameran karya seni tersebut merupakan perdana digelar di Kabupaten Brebes wilayah selatan. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Sanggar Suwung dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Sanggar Suwung bekerjasama dengan Kemendikbud. Karena Sanggar Suwung asasnya saling melengkapi dan mewadahi kreatifitas dari pelaku seni se-Brebes Selatan," kata Agep yang juga Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes itu.

Kata dia, pada pameran yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Diding Setiadi dan dihadiri Muspika Bumiayu dan Paguyangan itu, setiap seniman menampilkan antara 10-11 karyanya. Adapun macam karya tersebut, dari lukisan dan beberapa kerajinan kreatif.

"Beberapa seni lukis yang ditampilkan ada aliran realis, abstrak, kontemporer, dekoratif dan natural," ujarnya.

Diharapkan kegiatan tersebut akan mengingatkan masyarakat nilai luhur bangsa yang beraneka ragam ke semua kalangan.

"Harapannya ingin saling mengingatkan nilai luhur yang unik yakni keberagaman. Contohnya refleksi akulturasi buda Jawa dan Sunda di Brebes Selatan," pungkas Agep.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita